Fashion

Choose Your Bra Smartly

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 10 Maret 2013

Choose Your Bra Smartly

Di usia remaja kaya kita sekarang, payudara mulai dan terus tumbuh, jadi penting banget memakai mini set atau bra yang tepat. Karena kalau penyangganya enggak tepat, akan tumbuh dengan bentuk yang enggak bagus alias turun. Jadi mulai sekarang jangan cuma memerhatikan modelnya yang lucu tapi juga bahan dan kenyamanannya saat kita pakai.

 

Jenis Bra

Saat mulai tumbuh, wajib gunakan training bra (mini set) agar pertumbuhannya terjaga. Bila sudah cukup besar, langsung gunakan bra. Karena masih tumbuh dan ukurannya  belum terlalu besar, enggak usah pakai bra kawat. Yang penting full cup dan bisa menyangga payudara dengan baik. Saat olah raga gunakan sport bra yang enggak berangka agar mengurangi guncangan pada payudara dan lebih nyaman saat bergerak.

 

Ukuran Bra

Saat beli bra jangan malas mencoba langsung. Karena memakai bra berukuran pas itu penting banget. Bra yang pas itu cup-nya menutup tiga perempat payudara kita (tidak ada yang timbul), enggak kopong, enggak bikin sesak berlebihan, enggak menonjolkan lemak di punggung, dan enggak ikut terangkat saat kita mengangkat kedua tangan ke atas.

 

Ukuran bra ditentukan oleh lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Lingkar tubuh bagian dada titunjukan dengan angka 32, 34, 36 dan seterusnya dalam ukuran Amrik, dan 75, 80, 58 dan seterusnya dalam ukuran Eropa.  Ini bisa ditentukan dengan mengukur lingkar dada (hingga ujung puting) menggunakan meteran lalu memasukannya ke rumus ini:

 

( Ukuran lingkar dada + 5cm) : 2 = ukuran bra yang tepat.

Bila hasilnya desimal, bulatkan pada bilangan genap terdekat.

 

Sedangkan ukuran cup ditunjukan dengan huruf A, B, C dan seterusnya. Cara paling tepat mengetahuinya adalah dengan mencobanya.

 

Tali Bra

Untuk sehari-hari pilih tali bra yang berbahan elastis dan enggak menyebabkan gatal atau iritasi. Lebih baik gunakan tali bra yang agar lebar agar lebih lebar, jadi enggak berbekas sampai merah atau iritasi Pasang tali bra dengan ukuran panjang yang tepat, yaitu  enggak terlalu kaku atau kendur.  Terlalu kaku bisa bikin otot pundak sakit atau jadi bungkuk, dan terlalu kendur bisa bikin payudara turun..

 

Bahan Bra

Pilih bra dari bahan katun atau serat mikro yang lembut sehingga nyaman dan enggak membuat iritasi kulit. Katun juga mudah mengikuti kontur tubuh, juga punya pori-pori yang melancarkan sirkulasi udara di sekitar payudara.

 

Penting!

Karena masih tumbuh, kita perlu mengganti ukuran bra setiap tiga bulan sekali agar tetap tertopang dengan sempurna. Lalu jangan gunakan bra hingga berhari-hari, maksimal dua hari agar kebersihan dan kesehatan payudara terjaga.

 

(aisha,  foto: webmd.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN