Fashion

4 Cara Merawat Bahan Suede

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 28 Februari 2014

4 Cara Merawat Bahan Suede

Fashion item yang berbahan dasar suede memang bisa menambahkan kesan mewah. Tapi, enggak sedikit juga yang ragu untuk menggunakan atau membelinya. Memang merawat barang berbahan suede memerlukan perhatian khusus dan enggak bisa sembarangan, tapi bukan berarti susah, kok.

 

1.    Gunakan suede protector

Kalau memiliki barang-barang dengan bahan suede, usahakan untuk memiliki suede protector juga. Suede protector dapat melindungi bahan suede dari debu dan kotoran. Bisa kita dapatkan di supermarket atau toko sepatu.

 

2.    Bersihkan dari noda

Jika ada debu dan kotoran yang menempel, segeralah membersihkannya. Bisa dengan menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan debu ringan yang masih baru, caranya dengan menggosokkan secara searah dan perlahan.

 

Untuk debu yang sudah kering dan menempel sehingga terlihat kusam, kita perlu membersihkannya menggunakan penyedot debu. Kalau enggak ada, bisa menggunakan sikat gigi dan air. Caranya, basahi sikat dan gosok searah pada noda dan biarkan hingga kering dengan bantuan kipas angin. Jangan menjemur bahan suede di bawah sinar matahari.

 

Jika noda enggak hilang juga, gunakanlah suede cleaner. Caranya mudah, cukup dengan menyemprotkan suede cleaner pada noda dan sikat hingga bersih.

 

3.    Jangan mencuci dengan deterjen

Bahan suede rentan terhadap air. Karena itu jangan pernah mencuci atau merendamnya di dalam air yang bercampur deterjen. Suede yang telah terkena air akan cenderung menjadi keras.

 

4.    Simpan di tempat khusus

Jika sepatu atau tas kita berbahan suede dan enggak akan kita pakai dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpan di wadah khusus. Masukkan juga gumpalan koran ke dalam sepatu atau tas untuk menjaga bentuknya.

 

(ella, foto: pinterest.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN