Beauty

Tips Merawat Bulu Mata

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 19 April 2013

Tips Merawat Bulu Mata

Bulu mata merupakan salah satu aset penting untuk mata. Selain menjaga mata dari debu dan kotoran, bulu mata juga aspek yang memperindah bentuk wajah. Jaga baik-baik dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini. Bulu mata kuat dan lentik pasti akan membingkai mata dengan lebih indah girls!

 

Minyak Zaitun dan petroleum jelly

Sebelum tidur oleskan minyak zaitun pada bulu mata. Minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan bulu mata secara alami. Jangan lupa bersihkan ketika bangun tidur. Bisa juga menggunakan petroleum jelly atau yang biasa dikenal dengan Vaseline. Ini akan membantu melembabkan dan menjaga bulu mata ketika kamu tidur, serta memperkuatnya.

 

Menggunakan vitamin E

Gunakan minyak vitamin E dua kali sehari, pagi hari sebelum menggunakan make up, dan sore hari setelah membersihkan make up. Dikatakan, vitamin E merupakan salah satu yang diperlukan untuk menumbuhkan bulu mata. Selain itu, kita juga bisa mnegkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E.

 

Castor Oil

Castor oil atau minyak jarak digunakan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat, hal ini juga bisa diaplikasikan pada bulu mata. Gunakan dengan mencampurkan satu sendok makan minyak jarak dengan setengah sendok makan ekstrak vanili. Oleskan dengan sikat mascara yang bersih.

 

Sirih dan lidah buaya

Remas selembar daun sirih yang masih agak muda, jangan sampai robek atau hancur. Oleskan lender lidah buaya ke daun sirih tersebut, tunggu hingga lender lidah buaya tercampur dengan getah daun sirih. Setelah kira-kira lima menit, oleskan ke bulu mata kamu, diamkan kurang lebih dua jam. Kemudian cuci bulu mata dengan daun sirih baru yang telah dicelupkan ke air hangat, sapukan seperti ketika memakai mascara.

 

Vitamin B

Gunakan suplemen vitamin B atau yang biasa disebut Biotin, biasanya suplemen ini digunakan untuk memperkuat kuku atau rambut, tetapi bisa juga digunakan pada bulu mata!

 

Coconut and almonds oil

Kelapa dan minyak almond mengandung vitamin yang dapat menguatkan bulu mata secara natural. Gunakan tipis pada bulu mata untuk memberikan nutrisi yang diperlukan.

 

Perlakukan dengan hati-hati

Bulu mata bisa rontok dengan mudah jika menggosoknya secara kasar, jika biasa menggunakan bulu mata palsu, bersihkan dengan perlahan menggunakan pembersih, jangan ditarik begitu saja. Jika mata gatal, coba gosok di bawah atau atas mata, jangan langsung di mata, karena akan merusak bulu mata.

 

Jaga kebersihan

Ganti tube mascara setiap 3 bulan! Tempat make up juga bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Biasakan bersih dalam penggunaan make up, terutama untuk make up sekitar mata, karena bisa mempengaruhi kesehatan bulu mata. Langsung bersihkan make up pada wajah setelah kamu selesai berkegiatan.

 

Perhatikan apa yang kamu makan

Semua makanan yang masuk ke tubuh akan mempengaruhi tumbuh kembangnya bulu mata. Keseimbangan antara vitamin dan mineral akan membantunya tumbuh lebih kuat, hidrasi bulu mata dengan minum air putih yang banyak.

 

(uswatun, foto: imgfave.com)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN