Beauty

Tips Mencegah Rambut Bercabang

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 12 Mei 2013

Tips Mencegah Rambut Bercabang

Rambut bercabang kadang membuat kita kurang pede dengan penampilan kita. Apalagi ujung rambut yang bercabang seringkali mengalami perubahan warna sehingga dapat terlihat jelas kalau rambut kita bercabang. Biasanya, kita akan menyiasatinya dengan cara memotong ujung-ujung rambut kita. Tapi, hal itu enggak berarti rambut kita akan bebas dari ujung rambut yang bercabang. Sebaiknya kita juga memulai perawatan pada rambut agar rambut bisa tumbuh dengan sehat.

 

Nutrisi

Mulailah dengan menjaga asupan pola makan agar nutrisi tubuh dapat terpenuhi. Sama dengan kuku, rambut adalah bagian tubuh yang banyak mengandung keratin. Karena itu bisa dipastikan kalau kuku terlihat kusam, pasti rambut kita juga bermasalah. Keratin banyak terdapat pada makanan yang tinggi protein. Selain itu, hindari makanan yang berkalori dan berkolesterol tinggi.

 

Hindari air panas

Selain menghindari terik matahari, kita juga jangan terlalu sering keramas dengan air panas/hangat. Kutikula rambut akan meregang setiap kali terkena panas, baik panas dari sinar matahari ataupun air yang kita gunakan untuk mandi, yang akan menjadikan rambut rentan terhadap kerusakan.

 

Kering alami

Hindari juga pemakaian hair dryer, curling iron ataupun flat iron yang terlalu sering. Penggunaan sehari sekali aja udah termasuk terlalu sering, lho girls...

 

Perlahan

Kalau pengin mengeringkan rambut, jangan menggosok rambut pada handuk yang terlalu kasar. Ditepuk-tepuk pada handuk juga udah cukup,kok.


Sisir tepat

Jangan terlalu sering menyisir, apalagi dengan sisir yang salah. Gunakan sisir yang bergigi jarang atau sisir dengan gerigi besar.

 

Perawatan

Selain dari makanan. kita juga bisa menjaga rambut kita dari luar. Gunakan shampoo dan conditioner yang cocok dengan jenis kulit kepala dan rambut kita. Selain itu, kita juga bisa pergi ke salon untuk melakukan creambath maupun hairspa. Sesekali santai di salon enggak masalah, kok girls! Hi-hi-hi...

 

Potong

Lakukan pemotongan secara teratur, sekitar 4-6 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk membuang ujung rambut yang udah tua dan menghindari rambut bercabang.

 

(ella, foto: naturecares.ru)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN