Beauty

Tips Memilih Sunblock Yang Sesuai Dengan Tipe Kulit

Published by : Marti Posted on : Rabu, 4 Juni 2014

Tips Memilih Sunblock Yang Sesuai Dengan Tipe Kulit

Jangan sampai salah memilih sunblock yang enggak sesuai dengan tipe kulit kita. Meski terdengar sepele, sunblock bisa menyebabkan penampilan enggak oke dan iritasi. Tipe kulit seperti berminyak, mudah berjerawat dan lain-lain butuh penanganan atau tipe sunblock khusus. Apa saja ya tips memilih sunblock yang sesuai dengan tipe kulit kita?

 

Sensitif

Bahan kimia sangat mudah mengiritasi kulit yang terlalu sensitif. Kalau kulit kita memang seperti ini, sebaiknya jangan pakai sunblock yang mengandung PABA dan oxybenzone. Lebih baik cari yang mengandung zinc oxide dan titanium dionxide. Dua kandungan ini lebih mudah ditoleransi oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Biasanya ditemukan pada sunblock bayi dan anak-anak. Cari sunblock yang bentuknya spray dibanding bentuk krim. Untuk meminimalisir iritasi akibat kurang cocok.


Jerawat

Saat perawatan kulit berjerawat, sunblock sangat penting. Matahari bisa memperburuk keadaan jerawat yang meradang. Termasuk membuat jerawat lebih mudah timbul kalau kita enggak pakai sunblock. Sama seperti sunblock kulit sensitif, cari yang enggak mengandung PABA dan oxybenzone. Selain itu hindari juga kandungan salicylates dan ecamsule, karena bisa menyebabkan reaksi kulit. Sunblock yang paling cocok adalah yang bentuknya gel. Dan biasanya formulanya mengandung alkohol dan kandungan lain untuk membantu proses penyembuhan jerawat. Kalau kulit kita tipe kering, aplikasikan krim wajah sebelum menggunakan sunblock. Supaya enggak terlalu kering dan membuat kulit menjadi iritasi dan kemerahan.


Kering

Sunblock yang cocok untuk kulit kering adalah yang berjenis krim. Kandungan pelembab pada krim lebih kaya dibanding jenis lain. Biasanya pelembab pada sunblock mengandung lanolin, minyak alami dan silikon seperti dimethicone yang sangat baik untuk kulit. Selain krim, kita bisa menggunakan produk lotion atau berbentuk stik.


Berminyak

Sunblock untuk kulit berminyak hampir sama seperti jenis pada kulit yang berjerawat. Selain berbentuk gel kita bisa mencari jenis sunblock lain yang bebas minyak. Sangat direkomendasikan untuk menjauhi tipe lotion. Meski bebas minyak, tipe ini lebih mudah memacu kelenjar minyak terproduksi secara berlebihan. Coba gunakan sunblock spray atau berbentuk powder. Agar minyak pada kulit terserap dengan baik dan meninggalkan kulit yang bebas kilap seharian.

 

Warna Kulit Pucat

Tipe kulit yang memiliki warna sangat pucat, menderita melisma atau punya sejarah kanker kulit pada keluarganya, harus ekstra hati-hati dalam memilih jenis sunblock. Suncreen dengan kandungan SPF diatas 30 sangat direkomendasikan untuk pemakaian setiap hari. Pilih jenis sunblock yang ramah atau natural untuk kulit sensitif. Supaya kandungan kimia yang menyerap pada kulit lebih sedikit.

 

Warna Kulit Gelap

Karena kita warga Asia, beberapa dari kita punya kulit eksotis yang cenderung gelap. Tipe kulit yang normal tapi mudah menjadi gelap saat di bawah terik matahari juga termasuk pada tipe kulit ini. Sangat disarankan untuk enggak menggunakan sunblock yang mengandung titanium karena akan membuat kulit kita belang atau terlalu putih seperti pakai topeng. Jenis sunblock dengan teknologi micronized lebih baik karena bisa menyeraplebih sempurna untuk melindungi kulit. Biasanya ditemukan pada produk dengan jenis lotion atau spray.

 

 

(stefanie, foto: huffingtonpost.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN