Beauty

Tips Memilih Sabun Wajah Sesuai Kulit

Published by : Marti Posted on : Selasa, 8 April 2014

Tips Memilih Sabun Wajah Sesuai Kulit

Saat memilih sabun wajah, jangan sembarangan dan ikut-ikutan teman. Sabun wajah sifatnya sangat sensitif dan bikin iritasi kalau enggak sesuai dengan tipe kulit kita. Pelajari jenis sabun pembersih wajah yuk!

 

Sabun

Jenis sabun adalah paling sering dan mudah ditemukan di pasaran. Sabun terbagi dua jenis, cair dan batang. Jenis sabun biasanya mengandung parfum, dan detergen yang lebih banyak dibanding pembersih lain. Jenis ini hanya cocok buat kulit normal. Kalau kulit kita berminyak, kering dan sensitif sebaiknya menghindari pembersih yang mengandung sabun.

 

Syndets

Ini adalah jenis pembersih yang bebas sabun tapi bisa membersihkan wajah secara menyeluruh. Produk paling populer adalah produk pembersih batangan merk Dove. Produk ini cocok untuk kulit sensitif dan kering. Karena pH yang terkandung lebih sedikit dibanding sabun pembersih. Jadi mengurangi efek kemerahan, iritasi dan rasa gatal kalau kulit kita enggak cocok memakainya. Yang perlu diingat, sabun ini enggak cocok buat kulit berminyak dan jerawat. Karena enggak bisa membersihkan sebum berlebih di kulit dan membuat semakin berminyak.

 

Liquid

Pembersih wajah cair yang biasanya digunakan untuk membersihkan makeup. Pembersih ini bisa menghilangkan makeup waterproof sekalipun. Jangan memakainya terlalu sering agar kulit enggak iritasi. Biar aman, gunakan hanya dibagian yang perlu dibersihkan bukan seluruh wajah.

 

Krim

Pembersih wajah krim kaya akan pelembab. Sangat cocok untuk kulit kering supaya enggak mudah dehidrasi. Selain kulit kering, kulit normal atau sensitif juga cocok menggunakannya. Oh iya, kandungannya biasanya terdiri dari susu sehingga kulit akan terasa halus.

 

Gel

Yang berkulit jerawat, sensitif dan berminyak cocok banget pakai pembersih jenis ini. Pembersih ini enggak mengandung sabun dan minyak. Dan bisa membuat wajah berminyak segar, bersih, dan terasa sejuk. Jangan pernah memakainya kalau kulit kita kering. Karena akan membuat iritasi dan dehidrasi. Selain itu, pembersih ini membantu mengurangi peradangan dan mencegah jerawat tumbuh kembali.

 

 

(stefanie, foto: m.webmd.com)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN