Beauty

Tips Bikin Wajah Bebas Minyak Dan Keringat Saat Makeup

Published by : Marti Posted on : Rabu, 28 Mei 2014

Tips Bikin Wajah Bebas Minyak Dan Keringat Saat Makeup

Siap-siap menuju upacara kelulusan? Pasti dong kita melakukan ritual makeup supaya penampilan kita tambah oke saat upacara kelulusan nanti. Berbeda dengan pesta prom night, acara kelulusan biasanya diadakan saat siang hari. Jadi, kita perlu ekstra hati-hati kalau enggak kepengin penampilan riasan kita kurang oke akibat minyak dan keringat. Apa saja tips biar wajah kita bebas minyak dan keringat saat makeup nanti?


Puasa Garam

Tahu enggak, garam adalah pemicu nomor satu bikin wajah berminyak dan keringat. Terlalu sering mengkonsumsi garam bisa membuat kelenjar keringat memproduksi lebih air pada tubuh. Makanya tubuh kita sering mudah terasa gerah dan bau enggak sedap. Sebaiknya, satu minggu sebelum acara kelulusan kita mulai mengurangi garam pada makanan kita. Hindari makanan kaleng maupun junk food, karena biasanya makanan ini menggunakan garam sebagai bahan pengawet mereka.


Scrubing dan Steam

Scrubing atau lulur dan steam bisa membantu produksi minyak pada tubuh terkontrol dengan baik. Soalnya dalam keadaan yang bersih, minyak dan keringat biasanya enggak akan keluar sebanyak saat tubuh kita tersumbat gara-gara kotoran. Biasakan rajin scrubing pada tubuh dan wajah seminggu dua kali untuk hasil maksimal. Dan gunakan produk scrub sesuai kulit supaya enggak terjadi iritasi maupun kelebihan minyak.

 

Pilih Primer Yang Tepat

Disarankan pakai primer yang tepat dan sesuai jenis kulit sebelum pakai pelembab. Kenapa harus primer? Primer bekerja lebih baik pada kulit dan melindunginya dari kerusakan yang diakibatkan kandungan foundation. Selain itu, kalau kita sering melihat penampilan makeup selebriti yang terlihat halus, itu dikarenakan primer. Bukan karena foundationnya.


Pakai Penyegar Wajah

Pertama kali sebelum melakukan ritual makeup apapun, semprotkan penyegar wajah. Biasanya kita bisa mencari produk penyegar wajah spray di toko obat besar atau bikin sendiri dari air mawar. Penyegar wajah ini sangat penting, terutama untuk membuat wajah terlihat bersinar dan segar.

 

Pakai Foundation Oil Free

Sebenarnya, foundation kurang cocok untuk dipakai kulit sensitif dan berminyak. Soalnya bisa menyebabkan jerawat yang meradang. Karena pemakaiannya enggak setiap hari, kita bisa mensiasati dan meminimalisir iritasi dengan pakai foundation yang bebas minyak. Biasanya foundation ini berbentuk cair atau gel. Bukan liquid padat seperti krim, foundation krim atau foundation stik.

 

Makeup Minimal

Hindari pemakaian berlebihan saat makeup pada wajah berminyak dan mudah keringat. Makeup tebal akan memberikan kesan pecah kalau kulit kita berminyak atau keringat nanti. Foundation dan bedak tebal yang menyumbat pori juga malah membuat kulit kita mudah gerah. Makanya jangan heran kalau kita lebih cepat berminyak dan berkeringat. Pilih bedak tabur ringan supaya kulit kita bisa bernafas dan penampilan terlihat natural.

 

 

(stefanie, foto: teenvogue.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN