Beauty

Say "NO" to Sunburn!

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 14 Agustus 2013

Say "NO" to Sunburn!

Cuaca yang semakin panas dari hari ke hari udah menjadi ciri khas Indonesia ya sepertinya. Matahari terik pasti kita hadapi sehari-hari. Apalagi kalau kita termasuk cewek aktif yang suka dengan olahraga di luar ruangan. Enggak jarang kulit kita jadi kebakar karena sinar matahari. Tapi tenang, karena ada kok tips cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari ini supaya normal kembali dan caranya juga alami!

 

Oatmeal

Menurut Debra Jaliman, M.D, juru bicara dari American Academy of Dermatology, oatmeal memiliki kandungan anti-inflammatory yang berguna mengurangi efek terbakar di kulit kita. Kandungan ini juga berguna untuk menghambat pelepasan prostaglandin, yaitu zat yang menyerupai hormon, yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan nyeri dan kemerahan.

 

Cara penggunaan:

Ambil satu bungkus oatmeal plain (tanpa rasa) dan di-blender sampai jadi bubuk. Lalu larutkan dengan air hangat. Setelah itu campurkan dengan air mandi yang akan kita pakai. Larutan ini bisa menyembuhkan kulit terbakar kita. Pastikan aja kalau kita membilasnya dengan bersih, ya.

 

Tomat

Buah tomat terkenal dengan kandungan lychopene-nya yang tinggi. Zat inilah yang berguna sebagai "tameng" sinar matahari. Sebuah studi di Amerika mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi 5 sendok pasta tomat sehari dalam waktu 3 bulan memiliki kulit yang 25% tahan sinar matahari dari pada kulit orang biasa. Wow!

 

Cara penggunaan:

Potong-potong tomat segar lalu taruh potongan di atas kulit yang terbakar. Potongan ini nantinya bersifat seperti kompres untuk kulit kita. Dengan begitu kulit kita yang terbakar sinar matahari akan pulih lagi deh!

 

Yogurt

Yogurt terkenal dengan kekayaan nutrisinya. Diam-diam yogurt juga bisa menyembuhkan kulit bekas terbakar sinar matahari. Hal ini dikarenakan kandungan probiotiknya yang tinggi sehingga membantu regenerasi sel kulit kita lebih cepat.

 

Cara penggunaan:

Oleskan yogurt plain di kulit yang terbakar sinar matahari. Diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Sebagai pilihan, kita juga bisa mengoleskan lotion aloe vera untuk menghaluskan kulit kita. Lakukan 3 kali sehari sampai kulit membaik.

 

Teh hitam

Asam tannic yang terkandung di dalam teh hitam adalah kunci utama untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungan antioksidan yang tinggi juga membantu untuk menghambat efek melepuh setelah terbakar. Hal inilah yang menjadikan teh hitam sebagai pilihan untuk menyembuhkan kulit kita.

 

Cara penggunaan:

Kita harus memakai teh yang sangat pekat dengan menyeduh 3-5 kantong teh hitam ke dalam teko. Biarkan sampai kental dan dingin. Kalau ingin teh lebih cepat dingin, bisa taruh teko di dalam kulkas. Setelah dingin, ambil kain bersih dan celupkan ke dalam teh hitam, peras perlahan, dan usapkan ke atas kulit yang terbakar dengan lembut. Rasa nyeri karena terbakar langsung hilang!

 

(audrey, foto: vegetablegardener.com, the stylespy.com, indyposted.com, alibaba.com, stylelist.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN