Beauty

Sahabat Baru Kulit: Antioxidant

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 14 April 2013

Sahabat Baru Kulit: Antioxidant

Lingkungan sekitar enggak selamanya memberikan efek positif buat badan. Sebut saja radikal bebas. Zat satu ini paling pintar mencuri elektron dalam tubuh sehingga bisa merusak sel dan DNA kita. Makanya, kalau radikal bebas yang antara lain berasal dari radiasi, polusi, dan asap rokok ini banyak diserap, enggak lama kita pasti jadi sakit. 

 

Errr... Nah, di sini, nih, gunanya kita kenalan sama si antioksidan. Soalnya, zat inilah yang bisa menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Kekebalan tubuh lebih terjaga, jarang sakit, plus satu bonus lagi, nih. Bikin kulit segar terus! Asyik, tambah cantik...

 

The berry's family

Salah satunya adalah blueberry yang kaya dengan proanthocyanidins. Ini adalah antioksidan yang berfungsi mencegah  kanker dan penyakit hati. Selain itu, ada juga stroberi dan blackberry yang mengandung ellagic acid dan berfungsi melawan zat karsinogenik. Soalnya, kalau dibiarkan, zat ini bisa menjadi pemicu munculnya kanker.

Enjoy it this way: Tambahkan blueberry ke dalam salad buah atau celupkan stroberi segar ke dalam madu sebelum dimakan.

 

Pomegranate

Di Indonesia, buah ini lebih dikenal dengan nama buah delima. Antioksidan yang ada di dalam pome antara lain tannin dan anthocyanin. Saking saktinya, antioksidan yang terkandung dalam pome melebihi antioksidan dalam teh hijau. Ck ck, makanya kalau sering makan pome dijamin bakal terhindar dari yang namanya kanker hati dan penyumbatan pembuluh darah.

Enjoy it this way: pomegranate juice is the best way to enjoy pome.

 

Brokoli

Sayur hijau satu ini sering dihindari banyak orang. Padahal, brokoli kaya banget sama senyawa indole-3-carbinol, antioksidan yang berfungsi mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium, dan rahim. Selain itu, karena mengandung banyak beta karoten, sayuran ini juga ampuh mencegah penyakit hati. Tapi, satu hal yang perlu diperhatikan, jangan merebus brokoli terlalu lama. Soalnya kalau kelamaan, kandungan antioksidannya bakal hilang.

Enjoy it this way: Bumbui brokoli dengan merica, lalu panggang di dalam oven.

 

Tomat

Lycopene yang terdapat dalam buah berwarna merah ini merupakan antioksidan yang dua kali lebih kuat ketimbang beta karoten. Rajin mengonsumsi tomat bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara, usus besar, dan paru-paru. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan antioksidan bernama glutathione yang menambah fungsi imunitas badan kita.

Enjoy it this way: Masukkan tomat potongan ke dalam mashed potato. Potongan tomat ini juga bisa ditambahkan ke atas pasta. 

 

Anggur merah 

Buah yang banyak dikonsumsi dalam bentuk wine ini punya antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan hati. Namanya adalah resveratrol. Kelebihan lain yang dimiliki oleh resveratrol adalah kemampuannya untuk mencegah kanker, stroke, penyumbatan pembuluh darah, hingga osteoporosis. Hmm, penyakit dijamin kabur kalau rajin makan buah yang satu ini.

Enjoy it this way: Tambahkan buah anggur merah ke dalam yoghurt kesukaan. Dijamin tambah sehat.

 

Bayam

Sayur yang satu ini identik dengan Popeye.  Tapi, sayang, bukan kekuatan yang bakal didapatkan kalau sering konsumsi bayam. Menurut sebuah penelitian, bayam justru mengandung lutein yang memaksimalkan fungsi penglihatan. Mereka yang doyan makan bayam biasanya jarang mengalami katarak. Selain itu, bayam juga bakal melindungi retina dari sinar matahari berlebihan dan memerangi radikal bebas yang menyerang mata.

Enjoy it this way: cacah-cacah daun bayam segar ke atas nasi merah yang masih hangat.

 

Teh

Boleh dibilang, teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tumbuhan ini memang gampang di berbagai tempat dan belahan dunia. Kabar baiknya, teh punya kelebihan antioksidan untuk melawan berbagai penyakit, seperti kanker dan stroke. Dan, enggak hanya teh hijau, lho, yang punya antioksidan tinggi. Teh hitam pun memiliki antioksidan yang sama besar.

Enjoy it this way: Seduh teh hitam dan tambahkan perasan air jeruk lemon ke dalamnya.

 

Wortel

Seperti brokoli, sayur yang identik dengan kelinci ini mengandung beta karoten. Dan seperti brokoli pula, sayur ini ampuh mencegah kanker hati dan payudara. Bedanya, justru dalam penyajian, wortel lebih baik dimasak dan direbus. Soalnya, saat dimasak, kandungan fiber dan gula yang ada menjadi terurai. Hal ini menyebabkan wortel lebih kaya antioksidan dan lebih manis dibanding yang belum dimasak.

Enjoy it this way: Tambahkan wortel ke dalam sup. Baik itu cream sup maupun sup sayuran.

 

(grace,foto: smartgirltips.com)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN