Beauty

Pintar Pilih Sunblock

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 22 Maret 2013

Pintar Pilih Sunblock

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, tentu kita enggak bisa menghindar dari paparan sinar matahari. Dengan teriknya sinar matahari yang menyinari kita, selain merasa kepanasan kulit kita juga bisa bertambah hitam. Karena itu, pemakaian sunblock bisa sangat menolong untuk kita terhindar dari teriknya matahari, apalagi buat kita yang beraktifitas di luar ruangan.


Jenis-jenis Sunblock

Sebelum membeli sunblock, kenali dulu jenisnya. Ada yang berbentuk gel, krim, lotion, spray dan stick. Sunblock yang berbentuk gel bisa cepat diserap kulit. Dengan kandungan dasar air, sunblock jenis ini cocok untuk kita yang memiliki kulit berminyak.

 

Sedangkan yang berbentuk krim cocok dipakai untuk kita yang memiliki kulit kering dan sensitif karena teksturnya yang ringan. Selain bisa melindungi kita dari matahari, sunblock jenis lotion juga bisa melembabkan kulit sehingga cocok untuk kita yang memiliki kulit normal cenderung kering.

 

Sunblock jenis spray biasanya mengandung alkohol sehingga jenis ini cocok untuk kita yang berkulit gelap karena bisa membuat kulit terlihat cerah.

 

Kalau sunblock jenis stick, enggak cocok digunakan buat kita yang berjerawat karena teksturnya yang padat dan tebal yang bersifat menutupi pori-pori.

 

Kandungan di dalamnya

Pilih sunblock yang mengandung SPF15 atau lebih untuk kita yang beraktifitas di luar ruangan. Untuk kulit yang lebih putih, membutuhkan SPF yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit gelap. Selain itu, pilih sunblock yang memberikan perlindungan terhadap berbagai macam radiasi, sperti UV-A dan bebas dari PABA (Para-aminobenzoic acid) yang bisa menimbulkan alergi pada kullit.

 

Pemakaian

Gunakan sunblock 20 menit sebelum kita keluar rumah agar sunblock bisa menyerap ke kulit terlebih dulu. Setelah itu, aplikasikan lagi 20 menit setelah terkena matahari dan 2 jam sekali sehabis itu, apalagi jika kita berkeringat.

 

Untuk pengaplikasian pada wajah, perhatikan wilayah hidung karena hidung yang paling banyak terpapar matahari. Enggak lupa juga aplikasikan ke bagian telinga dan belakang leher. jangan takut untuk mengaplikasikannya dengan tebal agar sunblock pun bisa bekerja dengan maksimal.

 

(ella, foto: webmd.com)

 

Tags : sunblock

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN