Beauty

Perbedaan Pencuci Muka Bentuk Foam, Gel Facial Wash, Cleansing Balm, Water, dan Oil

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 7 Desember 2015

Perbedaan Pencuci Muka Bentuk Foam, Gel Facial Wash, Cleansing Balm, Water, dan Oil

Pencuci muka yang baik enggak hanya harus mampu membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan sisa makeup tetapi juga harus lembut menjaga kelembaban dan elastisitas kulit wajah. Ini dia perbedaan pencuci muka bentuk foaming facial wash, gel foaming facial wash, non-foaming facial wash, cleansing balm, cleansing water, dan cleansing oil. Bisa dipilih sesuai dengan keperluan dan jenis kulit kita.

(foto: garscape.com)

 

(Baca juga: 6 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Kita)

 

Sabun batang

Sebaiknya hindari membersihkan wajah menggunakan sabun batang, karena sabun batang biasanya terbuat dari detergent dan membuat kulit wajah menjadi kering.

 

Foaming Facial Wash

(foto: sebamed.com.au)

 

Foaming facial wash atau pembersih wajah berbentuk busa biasanya memberikan efek "sedikit" kering sehingga disarankan untuk kulit berminyak. Kulit kering enggak disarankan memakai foaming facial wash karena dikhawatirkan akan membuat wajah semakin kering. Foaming facial wash dapat berbentuk gel maupun cream.

Rekomendasi: Sebamed Deep Cleansing Foam atau Sari Ayu Anti Jerawat Busa Pembersih Wajah. 

 

(Baca juga: Kesalahan Fatal Ketika Mencuci Muka)

 

Gel Foaming Facial Wash

(foto: bioderma.com)

 

Pembersih wajah dengan bentuk gel dan berbusa disarankan bagi kulit sensitif, berminyak ataupun berjerawat. Karena formula gel lembut pada kulit, sehingga aman dan enggak menambah iritasi pada kulit berjerawat.

Rekomendasi: Bioderma Sebium Gel Moussant. 

 

Non-Foaming Facial Wash

(foto: cetaphil.com)

Pembersih wajah tanpa busa, disarankan untuk kulit kering ataupun normal. Karena pembersih jenis ini enggak membuat kulit wajah menjadi semakin kering.

Rekomendasi: Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

 

(Baca juga: 5 Kebiasaan yang Terlupakan Ketika Mencuci Muka)

 

Cleansing Balm

(foto: thebalm.com)

 

Cleansing balm adalah pembersih wajah dengan konsistensi kental dan terbuat dari minyak. Biasanya digunakan untuk membersihkan sisa makeup dan diperuntukkan untuk kulit kering.

Rekomendasi: The Balm Balms Away. 

 

Micellar

(foto: amazon.com)

 

Micellar atau cleansing water, adalah pembersih wajah dengan konsistensi menyerupai air, enggak mengandung alkohol, dan dapat membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan makeup secara sempurna. Cukup tuang sedikit micellar water pada kapas, oleskan pada seluruh wajah, wajah langsung bersih. Micellar water ini cocok untuk semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekalipun.

Rekomendasi: Bioderma Sebium H20 untuk kulit berminyak, Bioderma Sensibio H20 untuk kulit sensitif atau normal, Bioderma Hydrabio H20 untuk kulit kering. 

 

(Baca juga: Pentingnya Cuci Muka Sebelum Tidur)

 

Cleansing Oil

(foto: shuuemura-usa.com)

 

Cleansing oil merupakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Cara menggunakannya tuang dua pump cleansing oil, hangatkan pada telapak tangan, kemudian pijat ke seluruh wajah. Setelah itu, oleskan sedikit air pada wajah, pijat wajah dengan gerakan memutar searah jarum jam sampai cleansing oil pada wajah berubah menjadi putih atau milky. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat. Cleansing oil tersedia dalam berbagai varian sesuai dengan jenis kulit wajah

Rekomendasi: Shu Uemura Cleansing Oil.

 

(Baca juga: 5 Kesalahan Yang Membuat Kulit Makin Berminyak)

 

 

(Amanda, www.tipscantikmanda.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN