Beauty

Manfaat Wortel Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Published by : Marti Posted on : Jumat, 29 Agustus 2014

Manfaat Wortel Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Ini dia manfaat wortel bagi kecantikan dan kesehatan kulit kita. Buah kaya vitamin A dan beta karoten ini ternyata baik banget manfaatnya buat kesehatan kulit kita. Menurut U.S Department of Agriculture, seperti yang dikutip oleh situs Live Strong, satu cangkir wortel mengandung 16,679 internasional unit beta karoten atau sama seperti 686 persen dosis rekomendasi vitamin A yang dianjurkan ahli.

 

Vitamin A

Vitamin A ternyata berfungsi sebagai penyimpan sel lemak dalam tubuh kita. Dengan rajin mengkonsumsi vitamin A, tubuh kita akan lebih sehat dan seimbang. Terutama dibagian mata, tulang dan kulit. Serta kekenyalan kulit kita. Vitamin A juga oke banget mengurangi keriptan halus atau penuaan dini yang terjadi akibat kerusakan kulit karena gaya hidup yang enggak sehat. Seperti merokok, sering begadang, pola makan enggak sehat dan lain-lain.

 

Baca juga: 5 Nutrisi Baik Yang Bikin Kita Cantik

 

Beta Karoten

Beta-karoten termasuk bagian dari provitamin A yang berubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang diproduksi metabolisme kita. Kandungan ini sangat baik dan efektif melawan kerusakan kulit yang diakibatkan radiasi ultraviolet. Bahkan, 10 minggu rajin mengkonsumsi suplemen beta karoten dengan jumlah tepat, sama seperti pemakaian sunblock SPF dan meningkatkan fungsi melindungi kerusakan kulit kita hari sinar matahari yang jahat.

 

Masalah Kulit

Studi menyimpulkan, vitamin A sangat efektif melawan masalah kulit kronis seperti eksim. Menurut British Journal of Dermatology, pengobatan yang mengandung vitamin A yang disebut alitretinotin, digunakan para dokter dan ahli buat merawat masalah kulit serius. Ahli bedah dermatologis juga menggunakan suplemen vitamin A untuk melawan penyakit kulit serius seperti tumor, nonmelanoma atau kanker.

 

Baca juga: Manfaat vtamin B Untuk Kecantikan

 

Hypercarotanemia

Hal yang wajib kita ingat saat menggunakan atau mengkonsumsi wortel, jangan mengkonsumsi terlalu banyak atau sering. International Journal of Food Sciences and Nutrition menjelaskan yerlalu banyak mengkonsumsi beta karoten bisa bikin kulit dan mata kita berwarna kuning dan oranye. Penelitian ini dilakukan dengan mengkonsumsi 20 miligram beta karoten. Atau 8 inci wortel perhari yang dikabarkan meningkatkan resiko hypercarotanemia.

 

Baca juga: Kenali Tanda Iritasi Penggunaan Produk Kecantikan Pada Kulit

 

 

(stefanie, foto: wattpad.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN