Beauty

Kesalahan Fatal Ketika Mencuci Muka

Published by : Marti Posted on : Senin, 16 Desember 2013

Kesalahan Fatal Ketika Mencuci Muka

Bagi cewek-cewek kayak kita, mencuci muka itu jadi hal yang penting. Karena muka kita gampang terkena debu dan keringat selama berkegiatan di sekolah. Walaupun sudah sering mencuci muka, kadang suka gemas enggak sih kalau wajah kita tetap enggak semulus yang kita mau? Duh, jangan-jangan selama ini cara kita waktu mencuci muka salah. Daripada jadi semakin salah kaprah, kita lihat yuk kesalah fatal apa aja yang sering kita lakukan...

 

Pilih pembersih yang benar

Terkadang kita suka sembarangan memilih sabun muka, tanpa memerhatikan jenis kulit muka. Sebaiknya, pilih sabun yang sesuai. Jadi kalau kulit kita termasuk yang kering, pilih sabun untuk kulit yang kering karena kandungan moisturizer-nya cocok untuk wajah.

 

Tekstur sabun juga penting untuk diperhatikan. Kalau untuk kulit berminyak dan kombinasi, lebih baik memilih sabun muka yang berbentuk gel atau foam. Sebaliknya kalau yang kulitnya kering, sabun muka berbentuk cream lebih baik. Yang penting, kita jangan memakai sabun mandi untuk mencuci muka ya, karena bisa membuat kulit wajah kering dan kasar.

 

Tangan harus bersih

Ini nih yang suka kita lupakan. Kita sering banget mencuci muka dengan tangan yang enggak bersih. Jadi niat awal membersihkan wajah, jadi percuma karena wajah kita akan tetap kotor. Sebaiknya, sebelum kita memcuci muka, kita cuci tangan terlebih dahulu. Enggak perlu yang repot-repot, cukup dengan menggunakan sabun biasa aja. Dengan begini, kotoran yang ada di tangan hilang dan enggak berpindah ke muka kita, deh.

 

Bersihkan handuk

Kalau kita biasa mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk setelah mencuci muka, kita juga wajib memerhatikan kebersihan handuknya ya, girls. Karena ternyata, di handuk itu bisa jadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri kalau kita enggak rajin membersihkannya. Cukup dengan menggantinya seminggu sekali dengan handuk bersih, kok. Wajah kita bisa terhindar dari kuman yang bisa bikin jerawatan, deh!

 

Usap dengan lembut

Teknik mencuci muka yang salah dan justru banyak dilakukan itu adalah mencuci muka dengan kasar dan terburu-buru. Mungkin kita pikir semakin kencang kita mencuci muka kita, muka kita akan jadi semakin bersih. Ini adalah persepsi yang salah, girls. Justru dengan melakukan hal tersebut, kulit kita bisa menjadi kasar dan menyebabkan luka-luka halus yang enggak terlihat. Maka itu disarankan untuk memcuci muka dengan lembut dan perlahan supaya enggak merusak tekstur wajah kita. Apalagi muka kita masih memiliki tekstur kulit remaja. Jadi akan sayang kalau kita memperlakukannya dengan salah, kan?

 

Dua kali sehari

Pentingnya mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari itu menjadi harga mati kalau kita ingin muka kita terlihat bersih dan cantik. Cuci muka kita setiap bangun tidur, untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang berkembang selama kita tidur. Juga minyak-minyak wajah berlebih yang bisa menyumbat pori-pori muka. Lalu, kita juga enggak boleh lupa untuk mencuci muka kita setelah pulang dari sekolah dan sebelum tidur.

 

(audrey, foto: wellandgoonyc.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN