Beauty

Kenapa Sih Muncul Ketombe?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 8 Mei 2014

Kenapa Sih Muncul Ketombe?

Apakah semua orang punya ketombe? Kenapa sih muncul ketombe?

 

Enggak menular

Ketombe, juga dikenal sebagai seborrhea, adalah kondisi umum penyakit non-menular yang terdapat di daerah kulit yang disebabkan kelebihan kelenjar minyak (wajah, kulit kepala, dan badan bagian atas).

 

Hal itu ditkitai dengan pengelupasan (kelebihan produksi sel kulit), bahkan kadang-kadang kemerahan dan gatal-gatal (radang) dari kulit kepala. Tingkatannya bervariasi dilihat dari tingkat keparahan, seperti pengelupasan ringan di kulit kepala, bersisik, dan bercak merah.

 

"Ragi pada kulit normal, Pityrosporum ovale, tinggal di daerah kulit yang kaya minyak. Inilah yang berperan menimbulkan ketombe. Ketombe dapat semakin buruk kalau seseorang merasa stres, berada di musim dingin, dan jarang keramas", kata Dr. Manjiri Patankar Puranik, pendiri Instasculpt.

 

Cowok lebih banyak ketombenya

Ketombe biasa terjadi di kulit kepala pada 15-20 persen dari populasi manusia. Dan hal ini juga terjadi pada semua ras manusia. Dibandingkan cewek, cowok lebih sering mengalami ketombe.

 

Biasanya, hal itu dimulai setelah mereka mengalami pubertas (meskipun bayi memiliki versi disebut cradle cap). Ketombe berada di puncaknya ketika seorang cowok berusia 40 tahun dan dapat meningkat setelah itu.

 

Ketombe yang paling parah sering terlihat pada orang dengan penyakit Parkinson dan orang lain dengan masalah sistem saraf pusat.

 

Penyebab ketombe

Dr. Manjiri menunjukkan penyebab paling umum dari ketombe.

 

Pertama, kurangnya kebersihan atau higienitas tubuh sehingga terjadi keenggakseimbangan hormonal.

 

Kedua, pola makan yang enggak seimbang sehingga menyebabkan sirkulasi darah enggak lancar dan kulit kering.

 

Ketiga, penggunaan produk rambut yang berlebihan atau terlalu sering melakukan penataan rambut di salon.

 

Ketombe merupakan infeksi jamur superfisial. Ketombe enggak menular kalau kita duduk bersebelahan dengan orang yang berketombe.

 

(ester/tabloidnova.com, foto: forum.santabanta.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN