Beauty

Kenali Tanda Iritasi Penggunaan Produk Kecantikan Pada Kulit

Published by : Marti Posted on : Kamis, 29 Mei 2014

Kenali Tanda Iritasi Penggunaan Produk Kecantikan Pada Kulit

Enggak semua produk kecantikan meskipun harganya mahal cocok pada kulit kita. Beberapa kulit sangat sensitif dan bisa memicu iritasi fatal. Supaya terhindar dari iritasi fatal, kenali tanda iritasi penggunaan produk kecantikan pada kulit kita.


Rasa Panas

Ketika beberapa saat setelah menggunakan produk kosmetik dalam bentuk apapun dan terasa panas, berarti kita enggak cocok. Rasa panas terbakar termasuk dalam gejala iritasi. Kalau kita terus biarkan tanpa penanganan, kulit kita bisa lebih parah dan meradang.

 

Ruam Atau Kemerahan

Tanda lain dari iritasi akibat rasa panas biasanya muncul bercak merah atau ruam. Ada yang bentuknya berkumpul pada satu titik ada yang menyebar. Bercak merah ini bisa berupa titik merah, biang keringat atau jerawat. Iritasi jenis ini juga bisa menyerang bagian sensitif atau kulit tipis pada kulit kita. Seperti area mata dan bibir. Untuk penanganan ruam, kita bisa segera konsultasi pada dokter. Supaya mendapat penanganan ekstra daripada merawat dengan cara yang salah dan membuatnya semakin parah.

 

Gatal

Saat terjadi alergi biasanya sel kulit kita bereaksi membuat perlindungan untuk melawannya. Salah satu bentuk yang ditimbulkan adalah rasa gatal. Rasa gatal bisa terjadi sangat ringan, ringan bahkan parah. Penanganan saat kulit kita gatal, sebaiknya jangan pernah menggaruknya. Karena akan menyebabkan trauma kulit dan membuat luka yang membekas.

 

Penanganannya

Saat terjadi iritasi, segera lakukan pertolongan pertama dengan cara membersihkan bagian yang teraplikasi dengan produk tersebut. Jangan menggunakan apapun supaya enggak memperburuk keadaan. Bila terjadi iritasi seperti ruam atau bercak kemerahan, segera ke dokter. Dokter akan memberikan pertolongan medis yang sesuai dengan jenis ruam. Untuk menghindari iritasi, selalu coba produk tersebut sebelum membelinya. Oleskan sedikit di bagian tangan bagian dalam atau belakang telinga. Kalau selama 30 menit enggak terjadi masalah, berarti kita bisa menggunakannya.

 

 

(stefanie, foto: myadvancedderm.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN