Beauty

Kenali Jenis Jerawat Kita

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 20 Juli 2014

Kenali Jenis Jerawat Kita

Kulit mulus dan menarik merupakan dambaan setiap cewek. Jerawat yang enggak diketahui kapan munculnya dapat merusak itu semua. Maka, kenali jenis jerawat yang berada pada wajah kita untuk penanganan yang tepat.

 

(Baca juga: 6 Mitos Penyebab Jerawat)

 

Whiteheads

Jenis jerawat karena pori-pori membengkak. Umumnya bengkak disebabkan pori-pori terisi sel kulit mati dan minyak.

 

Blackheads

Terjadi ketika pori-pori terbuka dan tersumbat. Reaksi kimia lantas menyebabkan permukaan jerawat menjadi gelap. Blackhead bukanlah sejenis kotoran, sehingga enggak dapat dibersihkan. Warna gelap sesungguhnya disebabkan oleh penumpukan melanin, yaitu pigmen kulit. Menggosok-gosok kulit atau menggunakan pembersih yang kasar dapat menyebabkan iritasi.

 

(Baca juga: Hilangkan Jerawat dengan Kulit Pisang)

 

Pimple

Terjadi ketika pori-pori tersumbat terinfeksi oleh bakteri yang menyebabkan kemerahan, menimbulkan benjolan yang muncul pada kulit. Pimples memiliki nanah diatasnya, yang merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi bakteri. Pimples juga disebut "zits", yang terasa lembut ketika disentuh.

 

Cysts

Terjadi ketika pori-pori yang tersumbat pecah di bawah kulit yang menyebabkan benjolan yang lebih besar dan menyakitkan. Jika enggak terawat, cysts dapat menyebabkan bekas luka.

 

(Baca juga: Tips Basmi Jerawat dalam 24 Jam)

 

Setelah mengenali jenis jerawat kita, inilah yang dapat kita lakukan untuk merawat kulit berjerawat. Bersihkan wajah dua kali sehari, saat pagi dan sebelum tidur, atau saat kulit terasa berminyak sehabis berolah raga. Cuci seluruh bagian tangan sebelum menyentuh wajah.

 

Jangan lupa keramas secara rajin karena jika rambut berminyak, minyak dari rambut akan membuat wajah dan leher menjadi lebih berminyak. Serta gunakan produk-produk yang bebas minyak.

 

(wikkianto/tabloidnova.com, foto: stylecraze.com)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN