Beauty

Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 20 Maret 2013

Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut

Rambut rusak enggak cuma bisa disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang terkandung di setiap produk rambut. Beberapa kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari sering kita lakukan juga bisa merusak rambut indah kita, lho! Ada baiknya kita mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang bisa berdampak negatif bagi rambut kita untuk mencegah rambut rusak.


Rambut terlalu sering diikat

mengikat rambut sering kita lakukan agar kita bisa tampil lebih rapi. Tapi, kalau terlalu sering mengikat rambut bisa membuat kulit kepala tegang dan stress, apalagi kalau kita mengikatnya dengan kencang. Rambut kita bisa rontok dan kita akan sering merasa pusing. Lebih baik istirahatkan rambut sekali-sekali dengan tidak mengikatnya. Kalau memang kita harus mengikat rambut, sering-seringlah mengganti titik ikat rambut kita biar enggak terjadi tekanan di tampat yang sama. Hindari juga mengikat rambut saat rambut kita masih basah, ya. Hal tersebut bisa mengakibatkan rambut kita patah.

 

Mengeringkan rambut

rambut basah sehabis keramas kadang membuat kita merasa enggak nyaman. Hair dyer pun menjadi solusinya. Tapi penggunaan hair dryer yang terlalu sering juga bisa membahayakan rambut, lho. Rambut jadi lebih rapuh dan mudah patah. Apalagi jika kita mengeringkan rambut saat rambut kita terlalu basah. Lebih baik tunggu hingga rambut kita lembab dan enggak terlalu basah dengan cara tepuk-tepuk rambut dengan lembut atau bungkus rambut terlebih dulu selama beberapa saat dengan menggunakan handuk, barulah gunakan hair dryer. Penggunaan hair dryer sebaiknya dengan suhu yang tidak terlalu panas dan enggak lebih dari 20 menit.

 

Terlalu sering mencuci rambut

idealnya, kita mencuci rambut 2-3 hari sekali. Jika terlalu sering atau dilakukan setiap hari, minyak alami yang ada di kulit kepala kita akan ikut hilang. Minyak alami rambut berfungsi untuk melembabkan kulit kepala kita biar enggak kering dan selalu sehat. Keramas setiap hari hanya disarankan untuk kita yang memiliki kulit kepala berminyak. Kalau enggak, kita bisa mencuci rambut dengan air aja tanpa menggunakan shampoo.

 

Menyisir rambut

ternyata menyisir atau menyikat rambut yang terlalu sering juga bisa enggak baik. Hindari juga menyisir rambut dalam keadaan basah karena kondisi rambut yang rapuh saat basah. Bisa-bisa rambut kita jadi mudah patah dan rontok. Pemilihan jenis sisir juga ikut berpengaruh. Gunakan sisir yang bergigi jarang untuk meminimalisir kerontokan rambut.

 

Mengubah tekstur rambut

memiliki rambut ikal tapi ingin tampil dengan rambut lurus ataupun sebaliknya? Menyiasati hal seperti itu, penggunaan catok pastilah jawabannya. Tapi, sama seperti hair dryer, panas yang dihasilkan oleh alat catok juga bisa membuat rambut menjadi rapuh dan kering. Batasi juga penggunaan hairspray atau gel pada rambut. Gunakan kondisioner atau produk perawatan rambut lainnya untuk melindungi rambut.

 

(ella, foto: .com)

 

Tags : rambut tips

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN