Beauty

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Rambut Menipis (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 20 Juli 2014

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Rambut Menipis (Bagian 1)

Kita sedang mengalami masalah kerontokan rambut yang serius? Mungkin kita sering melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan rambut semakin tipis  seperti berikut.

 

(Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut)

 

Mandi Dengan Air Panas 
Air panas jika terkena kulit bisa menyebabkan dehidrasi atau kekeringan, serta kondisi rambut yang rapuh. Solusinya, keramas dengan air hangat saja dan bilas dengan air bersuhu dingin.

 

"Tidak cuma keramas, mandi dengan air hangat berisiko menurunkan produksi minyak asli rambut serta mengeringkan pori-pori rambut yang berujung kepada kerusakan akar rambut," jelas Ryan Welter, MD, seorang ahli bedah transplantasi rambut.

 

(Baca juga: 4 Pilihan Masker Rambut)

 

Penggunaan Alat Penata Rambut 
Suhu panas alat pengering dan penata rambut seperti hair dryer  dan curling iron  merusak protein rambut yang membuat kutikula rambut enggak terlindungi. Kutikula yang rusak mempengaruhi gangguan kelembapan dan keseimbangan rambut sehingga rambut rentan akan kerusakan.

 

"Batasi penggunaan alat penata rambut seminim mungkin, dua atau tiga kali seminggu dengan pengaturan suhu paling dingin," saran Dr. Bauman

 

(Baca juga: 7 Cara Alami Agar Rambut Cepat Panjang)

 

Diet Keras yang Sembarangan 
Menerapkan diet yang sembarangan mengakibatkan tubuh kelaparan dan merusak sistem energi tubuh yang penting bagi pertumbuhan dan kesehatan rambut.

 

"Penderita anoreksia kehilangan banyak helai rambut dan mengalami kerusakan parah di bagian kulit kepala dan akar," jelas Paradi Mirmirani, seorang ahli kelainan masalah rambut. 

 

Paradi menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, kacang, dan biji-bijian. Konsumsi kacang minimal 46 gram per hari.

 

Kesalahan Penanganan Rambut Yang Basah 
Rambut basah setelah keramas rentan terhadap kerapuhan dan kerusakan. Kutikula pelindung rambut akan membesar saat basah sehingga jika mengeringkan rambut menggunakan handuk secara agresif akan mematahkan helai rambut.

 

(Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Rambut Menipis Bagian 2)

 

(ridho/tabloidnova.com, foto: somegif.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN