Beauty

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Jadi Tipis

Published by : Marti Posted on : Minggu, 20 Juli 2014

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Jadi Tipis

Penginnya sih punya rambut tebal dan sehat. Tapi, kebiasaan yang tanpa sengaja kita lakukan ini bisa mengakibatkan rambut jadi tipis. Cari tahu kebiasaan buruk apa saja yang bisa menyebabkan rambut jadi tipis yuk.

 

(Baca juga: 9 Cara Mengatasi Rambut Tipis)

 

Keramas Dengan Air panas

Selain membuat rambut jadi kering, air panas juga membuat rambuit jadi lebih rapuh dan rentan patah. Hawa panas juga bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepala dan membuka pori-pori kulit sehingga bisa merusak akar rambut. Ketika keramas, wajib banget memperhatikan suhu air yang dipakai. Dan, membilas sisa sampo menggunakan air dingin jauh lebih baik, girls.

 

Hawa Panas Dari Alat Elektronik

Alat elektronik yang digunakan untuk menata rambut umumnya menimbulkan hawa panas, seperti hair dryer, curly iron, atau flat iron. Panas berlebihan bisa merusak kulit ari di kepala. Jika hal tersebut terjadi bisa merusak keseimbangan minyak di kulit kepala. Batasi penggunaan alat-alat ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu jika enggak pengin rambut jadi tipis.

 

Diet Yang Salah

Diet yang dilakukan juga berhubungan dengan kesehatan rambut. Membuat tubuh kelaparan dan kekurangan energi bisa membuat rambut jadi enggak sehat. Agar bisa tumbuh dengan sehat, rambut butuh protein sehingga kita wajib memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, yaitu 46 gram atau sekitar 25-30% dari total kalori yang dibutuhkan.

 

(Baca juga: Tips Merawat Rambut Tipis)

 

Salah Menangani Rambut Basah

Rambut berada dalam keadaan lebih rapuh saat basah karena kutikula pelindung sedikit terangkat. Mengeringkan rambut dengan handuk secara keras, mengikat dan menyisir rambut yang basah bisa membuat rambut jadi lebih rapuh. Sebaiknya, biarkan rambut agak sedikit kering sebelum disisir. Ketika mengeringkan dengan handuk pun harus berhati-hati, cukup dengan memukulkan handuk ke rambut secara perlahan-lahan.

 

Terlalu Kencang  Mengikat Rambut

Saat beraktivitas, terutama di luar ruangan, kita cenderung suka mengikat rambut agar enggak merasa terganggu. Tapi, mengikat terlalu kencang juga berbahaya karena membuat rambut lebih gampang rontok. Hal ini bisa menyebabkan traction alopecia, suatu kondisi di mana folikel rambut jadi lemah dan enggak memungkinkan rambut untuk tumbuh. Karena itu, sesekali biarkan rambut dalam keadaan tergerai, terutama saat tidur.

 

(Baca juga: Penjelasan Penyebab Rambut Rontok Dari Pakarnya)

 

Menggaruk Kulit Kepala

Kulit kepala yang gatal merupakan salah satu penyebab rambut mudah rontok. Terutama jika kita menggaruknya dengan keras, bisa mengakitbatkan kerusakan pada kutikula. Cukup pukul pelan-pelan kulit kepala yang gatal. Cara lainnya, pastikan sampo kita mengandung selenium dan zinc yang bagus untuk mengurangi rasa gatal ini.

 

(iif. foto: forums.soompy.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN