Beauty

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Wajah Mengalami Pengelupasan Saat Perawatan Kulit

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 26 Juli 2014

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Wajah Mengalami Pengelupasan Saat Perawatan Kulit

Sebelum mengotak-ngatik wajah kita, sebaiknya kenali hal yang harus dilakukan saat kulit wajah mengalami pengelupasan saat perawatan kulit. Pengelupasan kulit biasa terjadi karena beberapa faktor dan enggak selalu dikarenakan perawatan kulit wajah yang sedang kita lakukan saat ini. Supaya enggak terjadi iritasi yang bisa berakibat fatal seperti luka yang membekas, pahami yuk hal yang harus dilakukan saat kulit wajah mengalami pengelupasan saat perawatan kulit.

 

Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Pengelupasan yang terjadi karena perawatan wajah maupun kulit terlalu kering, sebaiknya hindari membersihkan wajah terlalu sering. Setiap kali kita membersihkan wajah, minyak alami pada kulit ikut terbuang. Makanya, kulit kita akan cenderung lebih kering dan bisa memicu iritasi seperti kulit yang lecet atau kemerahan. Bersihkan wajah kita maksimal tiga kali sehari selama terjadi pengelupasan ini. Kalau merasa kulit kita benar-benar kotor, gunakan susu pembersih dan toner. Tanpa perlu membersihkannya lagi dengan sabun pembersih wajah.

 

Baca juga: Tips Membersihkan Makeup Dengan Benar

 

Pijat Dengan Minyak Alami

Yang merasa enggak pede dengan penampilan kulit mengelupas, kita bisa mensiasatinya dengan melakukan pijat ringan pakai minyak alami. Kita bisa pilih beberapa alternative minyak sesuai dengan manfaatnya. Kayak minyak almond, zaitun, kelapa dan lain-lain dari produk yang benar-benar alami. Atau kita bisa membuat minyak ini sendiri di rumah supaya aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Caranya, bersihkan wajah lalu oleskan minyak dengan merata dan pijat dengan gerakan memutar di seluruh bagian wajah seperti facial. Gosok dengan perlahan, bagian yang menurut kita terjadi pengelupasan. Lalu bersihkan dengan waslap yang kita beri air hangat sampai benar-benar bersih, tanpa perlu membilasnya lagi dengan sabun wajah.

 

Baca juga: Tips Memilih Sabun Wajah Sesuai Jenis Kulit


Jangan Dicabut

Jangan pernah mencabut kulit atau mengelupas kulit kita sendiri dengan tangan. Selain bisa menyebabkan infeksi dari bakteri, kulit kita juga bisa beresiko terluka yang bisa meninggalkan bekas luka enggak oke di wajah. Rajin pakai pelembab dan minum air putih, supaya proses pemulihan kulit cepat dan lebih baik.

 

Hindari Makeup

Sebaiknya, saat terjadi pengelupasan kulit hindari penggunaan makeup. Makeup ringan maupun berat hanya akan memperburuk keadaan setelah pemakaiannya. Makeup juga bisa bikin iritasi atau memperlambat proses penyembuhan pengelupasan kulit kita. Makanya, hindari pemakaian makeup. Gunakan makeup bila terpaksa harus menggunakannya seminim mungkin. Misalnya tanpa foundation dan mengakali noda atau jerawat di wajah pakai concealer.

 

Baca juga: Fakta Ilmiah Kenapa Cowok Lebih Suka Cewek Tanpa Makeup

 

 

(stefanie, foto: reddit.com)

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN