Beauty

Gusi Sehat, Gigi Bahagia

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 10 Juni 2013

Gusi Sehat, Gigi Bahagia

Beberapa dari kita biasanya hanya fokus pada kesehatan gigi dan lupa bahwa gusi juga harus dijaga kesehatannya. Gusi adalah bagian yang menopang gigi kita lho girls. Kalau gusi kita tidak sehat da kuat, bagaimana bisa gigi kita terlihat indah? Tapi enggak usah khawatir, ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti, agar gusi kita tetap terjaga.

 

Kurangi gula dan makanan manis

Enggak cuma gigi, gula dan makanan manis lainnnya juga merugikan kesehatan gusi. Lebih baik kalau dikonsumsi secukupnya saja.

 

Dental floss

Gunakan benang gigi atau yang lebih dikenal dengan dental floss setiap hari, terutama setelah makan. Dental floss ini bisa membersihkan sisa makanan yang ada di sekitar gusi. Hal ini menghindari resiko gangguan pada gusi.


Banyak minum air putih!

Air putih memang banyak manfaatnya girls. Selain menjaga saluran pencernaan kita, banyak minum air putih bisa mendorong sisa-sisa makanan di sekitar gusi, yang susah dijangkau oleh sikat gigi.

 

Warm food

Biasakan mengkonsumsi makanan hangat untuk menjaga kesehatan gusi. Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, lama kelamaan akan memberikan efek buruk terhadap gusi kita.

 

Relaksasi

Belajar untuk relaksasi diri yuk. Saat stress, tubuh kita akan mengalami peningkatan hormone stress yang disebut kortisol. Hormon tersebut akan segera mengacaukan sistem tubuh kita dan memacu beberapa penyakit berbahaya termasuk penyakit pada gusi.

 

Gizi makanan

Perhatikan konsumsi makanan kita sehari-hari. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama yang mengandung vitamin C dan kalsium. Vitamin C dan kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gusi.

 

(uswatun, foto: andthenwesaved.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN