Beauty

Cara Pintar Menggunakan Pelindung Matahari Pada Kulit

Published by : Marti Posted on : Kamis, 19 Juni 2014

Cara Pintar Menggunakan Pelindung Matahari Pada Kulit

Gunakan pelindung matahari pada kulit dengan pintar yuk! The International Dermal Institute (IDI) menyarankan agar kita menggunakan sunblock atau sunscreen enggak hanya saat udara terik, tapi juga saat mendung bahkan hujan. Kenapa kita harus melakukannya, karena sinar matahari tetap berbahaya meskipun tertutup awan hujan. Bagaimana tips pintar menggunakan pelindung matahari pada kulit?

 

Siapa Saja Yang Harus Pakai?

Simple, semua orang harus pakai pelindung matahari. Ada beberapa tipe kulit yang harus memakai pelindung matahari lebih sering dari tipe normal. Soalnya sinar matahari ini sangat jahat. Sinar ultra violet yang dipancarkan bisa merusak kulit semua orang hanya dalam waktu 15 menit. Semua jenis dan warna kulit bisa berakibat fatal karenanya. Tipe kulit yang harus lebih intensif menggunakan pelindung matahari adalah warna kulit pucat, kulit yang mudah terbakar (kemerahan atau bercak coklat), orang berambut pirang atau merah, orang yang memiliki anggota keluarga berpenyakit kanker kulit.

 

Remaja dan anak-anak di bawah 18 tahun harus lebih aktif menggunakannya. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Pediatric Dermatology, hampir semua orang menerima 50% keburukan matahari di bawah 18 tahun. Karena usia ini lebih senang menghabiskan waktu di luar ruangan dan kulit kita enggak sebaik kulit orang dewasa.

 

Kapan Menggunakannya

Menggunakan pelindung matahari yang benar adalah pada waktu pagi dan siang hari. Meski cuaca sedang mendung, enggak menggaransi kulit kita terlindung dari cahaya matahari. Biasakan pakai pelindung matahari 30 menit sebelum pergi ke luar rumah. Supaya bisa menyerap dan melindungi kulit dengan baik.

 

Bagian Yang Digunakan

Gunakan pelindung matahari pada seluruh bagian kulit kita meski tertutup oleh pakaian. Bagian terpenting yang wajib diolesi adalah telinga, punggung, bahu dan bagian belakang kaki. Untuk jenis kulit bermasalah seperti berminyak atau jerawat, gunakan pelindung matahari yang sesuai dan enggak mengandung ekstra pelembab atau minyak. Supaya enggak memicu masalah kulit lain atau membuat parah jerawat di kulit kita.

 

Bagian lain yang harus kita lindungi adalah rambut. Rambut juga bisa rusak akibat sinar matahari yang jahat. Supaya terlindungi gunakan serum pelindung matahari yang bisa kita beli di toko kosmetik. Serum ini bisa bekerja maksimal melindungi rambut dan kulit kepala kita dari efek buruk sinar matahari.

 

 

(stefanie, foto:  medicaldaily.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN