Beauty

Cara Mencuci Wajah Yang Benar

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 6 April 2013

Cara Mencuci Wajah Yang Benar

Wajah bersih dan bebas kilap pastinya jadi dambaan tiap orang. Karena itu, mungkin beberapa di antara kita sering mencuci muka untuk menghilangkan minyak di wajah. Ternyata, hal tersebut merupakan suatu kesalahan dalam merawat wajah kita.

 

Merawat wajah bisa kita mulai dari hal yang paling dasar, yaitu mencuci wajah kita. Mencuci wajah adalah langkah awal dan krusial dalam merawat kulit wajah. Tapi, seringkali mencuci wajah dianggap enteng oleh kita sehingga kita asal-asalan dalam membersihkan wajah. Padahal enggak perlu mencuci wajah terlalu lama dan sering, yang penting adalah tehnik yang tepat. Salah melakukannya malah bikin kulit jadi kusam dan mengundang jerawat. Yuk, pelajari gimana cara mencuci wajah yang benar untuk mendapatkan wajah yang bersih dan cantik!

 

Bersihkan makeup terlebih dahulu

Ini adalah aturan yang pertama. Meskipun tujuan dari mencuci wajah adalah untuk membersihkan muka dari kotoran, tapi dengan makeup yang masih menempel pada kulit wajah bisa menyumbat pori-pori wajah kita. Bersihkan terlebih dahulu dengan makeup remover lalu mulailah mencuci wajah.

 

Memilih produk yang tepat

Sebelum mencuci wajah, teliti dulu dalam menggunakan produk pembersih muka. Sesuaikan dengan jenis kulit wajah yang kita miliki; normal, kering, berminyak atau kombinasi, karena setiap pembersih wajah memiliki kandungan yang berbeda untuk setiap jenis kulit. Kulit normal cenderung aman untuk mencoba berbagai jenis produk.

 

Boleh enggak menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah? Menurut para ahli kecantikan, hal tersebut tergantung dari jenis kulit wajah dan seberapa sering pemakaiannya. Jika menggunakannya hanya beberapa kali dan memiliki kulit wajah yang normal atau berminyak, hal tersebut enggak menjadi masalah meskipun kurang tepat. Sedangkan untuk kita yang memiliki kulit yang cenderung kering bahkan sesitif, hal ini enggak dianjurkan karena sabun mandi memiliki kadar pH (tingkat keasaman) yang lebih keras ketimbang pembersih wajah. Salah-salah, muka kita kehilangan kelembabannya.

 

Mencuci wajah

Basahi wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Ambil sedikit cleanser pada tangan dan gosok-gosok hingga berbusa, lalu usapkan pada wajah. Pijat-pijat lembut wajah kita dengan gerakan melingkar ke atas pada bagian pipi, dahi dan dagu. Setelahnya, bilas dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

 

Mengeringkan wajah

Biasanya, kita akan langsung menggosok-gosokkan handuk ke muka agar muka kita langsung kering. Ternyata hal ini dapat merusak kulit wajah. Langkah yang benar adalah dengan menepukkan handuk ke wajah dengan lembut hingga kering.

 

Gunakan pelembab

Menggunakan pelembab setelah mencuci muka memang enggak memberikan efek lebih bersih dan steril. Tapi manfaat positif yang lain adalah menjaga kelembaban muka agar tetap sehat. Perhatikan produk pelembab mana yang cocok untuk jenis kulit muka kita.

 

Mulai sekarang, yuk, biasakan cara mencuci wajah dengan benar buat dapetin wajah bersih setiap hari. Stay pretty, girls!

 

(ella, foto. clearclinic.com)

 

 

Tags : beauty

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN