Beauty

Cara Alami Kecilkan Pori-pori Wajah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 13 Juni 2013

Cara Alami Kecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori besar pada kulit wajah, membuat wajah kita jadi terlihat kasar alias seperti kulit jeruk ya girls.  Biasanya ini terjadi sama yang kulit wahjahnya berminyak. Soalnya pada  kulit berminyak, sebum (minyak kulit)  yang dihasilkan kulit secara alami untuk mencegah kulit jadi kering, dihasilkan berlebihan.

 

Akibatnya saat sebum mengeras dan bercampur dengan kotoran  yang menempel di kulit, pori-pori pun membesar.  Tapi tenang girls, soalnya efek pori-pori besar ini bisa diminimalisir dengan cara alami yang pastinya aman bagi kulit kita. Yuk coba!

 

Jagalah kebersihan

Pori-pori membesar karena adanya kotoran yang tersumbat pada wajah. Makanya penting banget buat membersihkan wajah secara teratur, khususnya di pagi hari dan sebelum tidur. Apalagi kalau habis menggunakan make-up. Saat mencuci muka dengan sabun muka, pakailah air dingin untuk membilasnya, karena bisa membantu mengecilkan pori.

 

Es batu

Suhunya yang super dingin membantu menjaga kadar produksi sebum biar tetap normal sehingga bisa mengecilkan pori. Caranya, bungkus es batu dengan anduk kecil yang halus atau kapas, lalu usapkan pada wajah selama beberapa saatm khususnya di bagian yang berpori besar. Lakukan setiap pagi memakai toner dan pelembab.


Scrub

Sel kulit mati pada wajah juga bisa menyumbat pori sehingga jadi membesar. Makanya perlua dihilangkan dengan menggunakan scrub minimal seminggu sekali. Scrub ini bisa dibeli di toko kosmetik atau membuat sendiri, misalnya dari garam yang dicampur minyak zaitun. Gosokan scrub ke seluruh wajah, dan fokus pada daerah T yang biasnya berpori besar.

 

Masker alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk mengecilkan pori. Oleskan masker ini dengan merata pada seluruh permukaan wajah sambil agak dipijat dengan gerakan melingkar ke arah dalam selam 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih. Lalukan secara rutin, minimal dua kali seminggu. Beberapa campuran masker alami yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori:

 

Jeruk nipis dan jus tomat: campur dua sampai empat tetes air heruk nipis dengan satu sendok makan jus tomat tanpa gula.

 

Madu dan oatmeal: campur lima sendok makan madu, dua sendok oatmeal dan dua sendol susu bubuk tanpa rasa.

 

Baking soda: bisa menghilangkan penumpukan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori. Aduk 30 ml bubuk baking soda dengan air secukupnya.


Putih telur dan jus jeruk: campur dua sendok makan putih telur dengan dua sendok makan jus jeruk tanpa gula.

 

Pilih pelembab yang cocok

Gunakanlah pelembab khusus kulit berminyak yang dirancang untuk mengurangi minyak dan enggak menyumbat pori. Atau biasa disebut non-comedogenic.

 

Pakai sunblock

Gunakan sunlblock saat keluar rumah, khususnya kalau akan melakukan banyak aktivitas di bawah sinar matahari pada siang hari. Soalnya sinar matahari juga jadi salah satu faktor yang bikin pori-pori jadi besar.

 

(aisha, foto: vietgle.vn)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN