Beauty

Cantik Dengan Si Buah Tomat

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 25 Oktober 2013

Cantik Dengan Si Buah Tomat

Tomat, buah yang enggak mengenal musim ini sangat gampang kita jumpai. Enggak cuma enak dan menyehatkan untuk dikonsumsi tapi buah tomat ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kita, lho! Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya membuat buah tomat sangat bagus untuk perawatan kulit wajah kita. Jadi, enggak ada salahnya mencoba masker wajah yang berbahan dasar tomat.

 

Menyembuhkan jerawat 

Kotoran dan minyak berlebih pada wajah menjadi penyebab timbulnya komedo dan jerawat pada wajah kita. Kandungan asam pada buah tomat bisa membantu kita untuk mengatasinya. Untuk kita yang memiliki jerawat ringan, bisa langsung menempelkan irisan buah tomat pada wajah. Sedangkan untuk kita yang memiliki masalah jerawat yang ebih parah, haluskan 2 buah tomat dengan blender hingga bertekstur seperti bubur dan oleskan pada wajah, diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air hangat.

 

Mengecilkan pori-pori 

Meskipun enggak instan, tapi tomat bisa membantu kita mengecilkan pori-pori wajah dengan cara membersihkan pori-pori dari kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi yang terdapat di dalam buah tomat. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm air jeruk nipis. Lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya pada wajah, pijat-pijat dengan dengan gerakan melingkar dan tunggu 15 menit sebelum membersihkan wajah.

 

Mengatasi kulit yang terbakar 

Tinggal di negara tropis membuat kita enggak bisa menghindar dari matahari. Sering kita merasa perih karena kulit yang terbakar sinar matahari. Untuk mengurangi peradangan kulit ini, kita bisa menggunakan campuran tomat dan yogurt yang bisa mendinginkan dan menetralkan permukaan kulit. Caranya, parut setengah buah tomat dan campurkan 2 sdm yogurt kemudian oleskan pada kulit wajah kita yang terbakar, bilas setelah 20 menit. Cara ini bisa kita gunakan di bagian tubuh lain selain di wajah, lho gals...

 

Mengurangi produksi minyak 

Untuk kita yang memiliki kulit berminyak, bisa mencoba masker tomat yang dicampur dengan timun ini. Caranya, haluskan buah tomat dengan cara dijuice atau blender dan ambil sarinya. Campurkan dengan sedikit jus ketimun dan gunakan kapas untuk mengolekannya ke seluruh permukaan wajah. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.

 

Mencerahkan kulit 

Kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada tomat bisa mencerahkan wajah. Dengan mencampurkan tomat dengan alpukat yangbisa menjadi pelembab alami wajah, khasiatnya akan lebih maksimal. Haluskan 1 buah tomat dengan 1 buah alpukat lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 20-30 menit sebelum membilas wajah. Cocok untuk kulit berminyak maupun kering.

 

(ella, foto: pinterest)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN