Beauty

Bye Bye Puffy Eyes

Published by : Marti Posted on : Rabu, 18 September 2013

Bye Bye Puffy Eyes

Begadang atau berantem sama pacar sehingga menangis semalaman bisa membuat mata jadi bengkak. Duh, enggak cantik banget mata bengkak ini. Tapi, enggak usah khawatir, girls, karena beberapa bahan masakan dan peralatan dapur bisa membantu kita menghilangkan mata bengkak ini dalam waktu singkat.

 

Air putih

Dehidrasi hanya akan membuat beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk kelopak mata. Dengan banyak meminum air putih, tubuh memiliki cairan dalam jumlah cukup dan mengurangi risiko pembengkakan ini. Jika terpaksa begadang, ganti kopi atau soda dengan air putih karena kopi dan soda hanya akan membuat tubuh terkena dehidrasi.

 

Mentimun

Mentimun memang sahabat baik buat mata. Kita tinggal memotong buah ini dan menyimpannya di dalam lemari es selama sekitar sepuluh menit, lalu menempatkannya di atas kelopak mata hingga terasa hangat. Enzim yang terkandung di dalam mentimun akan membantu mengurangi peradangan di sekitar mata.

 

Kantong teh

Jangan keburu membuang kantong teh sehabis dipakai karena benda ini berguna banget untuk menghilangkan mata bengkak. Rendam kantong teh ini dalam air hangat selama beberapa menit lalu letakkan di atas kelopak mata dan tutupi dengan handuk. Biarkan selama beberapa menit sampai mata kembali seperti semula.

 

Aloe vera

Tumbuhan ini kaya akan vitamin E dan antioksidan, dua zat yang bermanfaat dalam mengatasi mata bengkak. Teteskan ekstrak aloe vera di bagian bawah mata lalu diamkan. Tapi, kita harus berhati-hati jangan sampai ekstrak itu masuk ke dalam mata.

 

Larutan air garam

Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah tercampur rata, rendam kapas di dalamnya lalu letakkan di atas kelopak mata selama beberapa menit. Begitu kapas terasa kering, rendam lagi dan letakkan lagi di atas kelopak mata. Lakukan hal itu berulang kali selama setengah jam atau sampai kita merasa yakin bengkaknya sudah hilang.

 

Punggung sendok yang didinginkan

Punggung sendok yang dingin juga ampuh untuk mengatasi pembengkakan ini. Dinginkan sendok yang terbuat dari bahan alumunium di dalam lemari es selama sekitar sepuluh menit lalu letakkan di atas kelopak mata. Rasa dingin yang dialirkan sendok mampu mengencangkan kulit di sekitar mata dan membuat pembuluh darah terasa rileks sehingga mampu mengurangi pembengkakan akibat mata lelah.

 

Putih telur

Cara ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibanding cara lainnya. Masukkan dua butir putih telur ke dalam mangkuk lalu aduk sampai kental. Letakkan di bagian bawah mata dan biarkang sampai kering. Setelah itu bilas dan ulangi lagi selama sekitar setengah jam.

 

Strawberry

Buah merah ini kaya akan senyawa alpha-hydroxy yang bagus dalam mengatasi peradangan, salah satunya di bagian mata. Selain itu, senyawa ini juga mampu membuat kulit jadi lebih halus dan terlihat muda. Caranya cukup gampang. Kita tinggal memotong strawberry ini dan meletakkannya di bagian bawah mata selama beberapa menit.

 

Kentang

Pati yang terdapat di dalam kentang bersifat anti-inflamasi alami yang bagus untuk mengatasi peradangan. Parut beberapa buah kentang sampai halus lalu bungkus dengan kain bersih. Terakhir letakkan kain tersebut di atas kelopak mata yang tertutup selama beberapa menit.

 

(iif. foto: empowernetwork.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN