Beauty

Bahaya Salah Memakai Softlense

Published by : Marti Posted on : Rabu, 16 April 2014

Bahaya Salah Memakai Softlense

Contact lense atau softlense sudah beralih fungsi dari peralatan medis menjadi beauty tren. Warna-warni yang lucu, ukuran pupil yang bikin mata besar, atau motif unik pupil mata supaya kelihatan mirip boneka. Apapun kebutuhan kita, harus tahu cara memakainya dengan benar. Kalau enggak benar, bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita. Apa saja sih bahaya salah memakai soflens?

 

Memakai Saat Tidur

Tidur dengan memakai contact lense sering dilakukan kita secara enggak sengaja. Misal saking capeknya kita ketiduran di mobil padahal masih memakainya. Menurut organisasi kesehatan Amerika, FDA, banyak keluhan penyakit mata akibat infeksi yang disebabkan memakai contact lense saat tidur. Infeksi ini paling banyak dikeluhkan oleh remaja cewek.

 

Alasan enggak boleh memakai saat tidur karena, kornea kita bisa terinfeksi bakteri. Apalagi lensa kontak biasanya menampung debu atau bakteri yang terbawa angin pada permukaan luar. Bakteri ini akan berkembang biak saat mata kita tertutup karena efek lembab dan hangat pada kelopak mata.

 

Mencuci

Jangan memakai produk lain selain cairan khusus untuk contact lense. Banyak yang memakai cairan infus karena dianggap bisa membersihkan dan harganya lebih murah. Padahal kandungan cairan ini jauh berbeda dengan cairan pembersih khusus yang sudah disetujui ahli dunia medis. Sebaiknya membeli produk aman yang dijual di apotik atau toko khusus kacamata. Jangan pernah mencoba bikin cairan sendiri di rumah.

 

Menurut laporan yang diterima di Amerika Serikat, banyak pengguna lensa kontak yang terinfeksi akibat cairan pembersih homemade. Dikarenakan air yang digunakan enggak bersih dan tercemar bakteri. Infeksi ini bisa menyebabkan kornea mata rusak sehingga harus ditransplantasi atau dibuang agar enggak menjadi penyakit mata mematikan lainnya.

 

Kadaluarsa

Supaya tetap gaya, kita kadang memaksakan pemakaian contact lense lebih lama dari jangka waktu yang ditentukan. Walau menurut kita enggak terjadi masalah saat memakainya, contact lense ini menimbun secara perlahan infeksi berbahaya. Kalau saat kita mengunjungi dokter mata dan mereka bisa menebak contact lense kita kadaluarsa, karena mereka bisa tahu dari mata kita sendiri. Mereka bisa melihat adanya infeksi pada mata kita tanpa bantuan kacamata mikro. Kalau tetap dipaksakan infeksi ini akan menyebabkan penyakit serius di mata.

 

Pakai Punya Teman

Pas sahabat kita beli warna atau produk berbeda, pasti kita pengin coba. Atau saat kita membeli contact lense pasti kita mencoba terlebih dahulu sample yang disiapkan. Sebenarnya berbagi contact lense itu lebih berbahaya dari seluruh kesalahan pemakaian produk ini. Karena bisa menularkan penyakit serius di mata, virus, atau iritasi yang bikin mata merah. Kita juga harus kritis saat mencoba sample. Apa sample ini kadaluarsa atau enggak? Cairan pembersih sudah diganti atau enggak? Sebelum mencobanya.


Produk Palsu

Girls, banyak produk dijual dipasaran yang lebih murah dari contact lense yang direkomendasi ahli mata. Produk ini belum tentu memiliki izin atau aman dari kandungan kimia yang berbahaya. Contact lense yang dipalsukan atau enggak layak saat ini dijual bebas girls. Makanya hati-hati saat membeli dan jangan tertipu hanya karena harganya murah. Kalau enggak yakin, sebaiknya membeli di apotik atau di optik terpercaya supaya terjaga keasliannya. Hati-hati yah, contact lense bukan produk simple yang bisa kita pakai selayaknya produk sehari-hari. Segera melepaskan saat kita di rumah atau selesai aktivitas.

 

(stefanie, foto: allure.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN