Beauty

Apa bedanya Sabun Batang dan Cair?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 6 Oktober 2013

Apa bedanya Sabun Batang dan Cair?

Girls, ternyata kita enggak boleh sembarangan pilih produk sabun mandi, lho. Menurut pakar dermatologi asal Amerika Serikat, Dr. Craig Kraffert, M.D., ada perbedaan antara sabun jenis batang (bar soaps) dengan jenis cair (shower gel). Kandungan formula yang berbeda di kedua jenis sabun itu ternyata punya manfaat yang berbeda pula untuk kulit kita. Jadi, sebelum memilih sabun mandi, coba tengok dulu manfaatnya yang cocok buat kulit kita, yuk.

 

Segi ilmiah

Kalau dilihat secara ilmiah, sabun batang dan sabun cair punya bahan-bahan yang berbeda. Sabun batang terbuat dari proses saponification yaitu sebuah proses pengubahan lemak atau minyak melalui reaksi zat alkali. Jadi, sabun batang terbuat dari kombinasi antara lemak nabati atau hewani dengan zat alkali seperti sodium hydroxide.

 

Sementara sabun cair punya kandungan-kandungan yang berbeda. Tipe sabun yang satu ini terbuat dari air, zat betaine, dan bahan foaming seperti SLS (sodium laureth sulfate). Tetapi akhir-akhir ini, SLS sedang dipertimbangkan para peneliti karena ternyata bisa menyebabkan iritasi jika tidak membilas dengan bersih. Makanya, buat kita yang punya kulit sensitif, coba pakai produk shower gel yang bebas dari bahan SLS.

 

Segi manfaat

Buat kita yang punya segudang aktivitas dan gampang berkeringat, sabun batang cocok banget buat kulit kita. Walau punya kandungan lemak atau minyak, tipe sabun ini memang pas buat kulit berminyak. Sabun batang ternyata punya kemampuan lebih ampuh buat menghilangkan kotoran dan minyak di kulit.

 

Sedangkan sabun cair, yang punya lebih banyak kandungan air, cocok buat jenis kulit kering. Shower gel juga mengandung bahan-bahan ekstra seperti vitamin C dan E yang pastinya bikin kulit kering kita jadi happy.

 

(nana, dok: detergentsandsoaps.com)

 

 

Tags : beauty kulit sabun

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN