Beauty

8 Fakta Di Balik Eye Shadow yang Perlu Kita Tahu (Part 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 16 November 2014

8 Fakta Di Balik Eye Shadow yang Perlu Kita Tahu (Part 1)

Di balik kemasan dan warnanya yang lucu-lucu, eye shadow ternyata mengandung beberapa bahan berbahaya buat tubuh kita lho. Apa lagi kalau digunakan dalam waktu yang lama. Sebab bahan yang dipakai buat eye shadow hampir sama dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makeup lain, yaitu dengan bahan-bahan kimia yang kadang bahaya buat tubuh manusia. Apa saja sih bahan-bahan berbahaya yang ada di dalam pembuatan eye shadow?

 

(Baca juga : 4 Pertanyaan Seputar Eyeshadow)

 

Minyak Hati Ikan Hiu

Squalene adalah salah satu bahan kimia yang ditemukan di banyak kosmetik, bahan ini terbuat dari minyak hati ikan hiu. Awalnya bahan ini dipakai buat memberikan kesan halus pada kulit. Sedangkan buat eye shadow bahan ini biasanya dipakai supaya memberikan kesan silky pada eye shadow di mata kita.

 

eye1

 

Mineral Oils Bisa Menjadi Racun

Mineral oils yang ada dibeberapa bahan kosmetik terbuat dari minyak bumi, yang biasanya juga dipakai buat bahan laksatif atau obat sembelit. Ada orang-orang yang percaya bahan itu enggak berbahaya kalau penggunaannya enggak berlebihan, tapi sebagaian juga percaya kalau berapapun jumlahnya bahan ini tetap berbahaya buat dipakai sebagai makeup di wajah.

 

(Baca juga : Korean Eye Makeup)

 

Mengandung Talk

Talk adalah bahan mineral yang biasanya dipakai untuk  industri kertas, kosmetika, kompor, bahkan untuk membuat keramik. Talk bisa ditemukan disebagian besar bahan pembuat eye shadow, banyak peneliti mengungkapkan kalau bahan ini cukup berbahaya kalau dipakai di daerah mata.

 

eye2

 

Sisik Ikan

Sisik ikan banyak digunakan untuk bahan-bahan kosmetik temasuk eye shadow. Bahan ini dipakai untuk bikin efek shimmer di eye shadow kita.

 

(razan, foto : giphy.com, weheartit.com)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN