Beauty

7 Cara Alami Mencerahkan Siku & Lutut

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 27 Juni 2013

7 Cara Alami Mencerahkan Siku & Lutut

Girls, mungkin banyak diantara kita yang sering bete gara-gara warna kulit siku dan ltut kita lebih gelap dibandingkan kulit tangan dan kaki sehingga kelihatan belang  banget. Warna kulit yang lebih gelap pada siku dan lutut itu disebabkan banyaknya sel kulit mati yang menumpuk pada kedua bagian tersebut. Sehingga  saat tersinari cahaya matahari terus-menerus,  warnanya akan jauh lebih gelap dibandingkan bagian kulit lainnya.

 

Penyebab lainnya adalah karena kulit di siku dan lutut sering banget meregang akibat aktivitas lengan dan kaki yang tinggi. Hal ini terlihat kalau kita sedang meluruskan tangan atau kaki, kulit bagian siku dan lutut akan tmengkerut dan kasar saat diraba. Untuk itu kulit siku dan lutut memerlukan perawatan yang lebih rutin dan sungguh-sungguh. Tapi enggak usah khawatir, karena kita bisa banget merawat kulit siku dan lutut supaya tampak lebih cerah dengan bahan yang alami dan murah meriah. Caranya juga gampang kok.


Scrub

 

Scurb adalah cara paling mudah untuk menghaluskan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Untuk perawatan yang intensif, gunakan scrub di kulit siku dan lutut setiap hari saat mandi atau seenggaknya tiga kali seminggu. Kita bisa membeli scrub yang siap pakai di supermarket.

 

 

Gula dan baking soda

 

Campurkan gula dan baking soda dengan takaran yang sama, misalnya masing-masing satu sendok makan. Setelah itu gosokan pada siku dan lutut sambil digosok-gosok selama tiga sampai empat menit lalu diamkan 10-15 menit. Kemudian bilas sampai bersih lalu gunakan lotion untuk melembabkan.

 

Yogurt                                                      

 

Campurkan lima sendok makan yogurt tanpa rasa dengan dua sendok akan air jeruk lemon. Lalu oleskan pada siku dan lutut sambil digosok-gosok selama sepuluh menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

 

Lemon

 

Oleskan jus lemon pada kulit siku dan lutut yang berwarna gelap secara merata menggunakan kapas.  Atau bisa juga potong lemon jadi dua bagian, lalu oleskan langsung pada siku dan lutut hingga mengeluarkan airnya, sampai merata. Diamkan selama 15-20 menit , kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan tiga kali sehari.

 

Minyak kelapa

 

Oleskan minyak kelapa secara merata pada kulit siku dan lutut lalu pijat sambil digosok selama lima sampai delapan menit. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

 

Kunyit

 

Parut kunyit secukupnya lalu  campur dengan dua tetes minyak kelapa dan air lemon. Oleskan pada kulit siku dan lutut sambil digosok-gosok selama sekitar lima menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Bila perlu bersihkan pakai sabun agar warna kuningnya hilang. Kunyit ampuh untuk menghaluskan kulit dan membuatnya jadi kuning langsat.


Sunblock

 

Setelah merawat kulit siku dan lutut dengan bahan-bahan tersebut, hal yang enggak kalah penting adalah mengoleskan sunblock pada kulit siku dan lutut setiap kali akan beraktifitas di bawah sinar matahari agar sel-sel kulit mati yang terdapat di bagian itu enggak gampang terbakar dan jadi gelap.  

 

(aisha, foto: dok. chaenaonline.com)

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN