Beauty

6 Mitos Penyebab Jerawat

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 26 April 2013

6 Mitos Penyebab Jerawat

Banyak mitos tentang penyebab jerawat yang menyebar di sekitar kita. Misalnya, terlalu banyak makan kacang dapat membuat wajah berjerawat atau jerawat dapat menular. Tetapi apakah mitos itu semua benar? Belum tentu! Yuk, kita cek kebenarannya, gals!

 

Makan cokelat = jerawatan?

Jawabannya NO! Cokelat enggak memiliki pengaruh pada timbulnya jerawat. Bahkan, para ahli di Amerika Serikat enggak menyebutkan adanya pengaruh cokelat dan jerawat. Jadi mitos itu salah, ya, gals.

 

Karbohidrat membuat jerawat tambah banyak

Kalau yang satu ini memang benar. Beberapa studi menyatakan bahwa karbohidrat dapat meningkatkan insulin dalam darah. Peningkatan insulin ini bisa menganggu fungsi hormon kita sehingga dapat membuat jerawat tambah banyak. Jadi, sebaiknya kita mengurangi asupan makanan yang memiliki kabohidrat tinggi.

 

Sering membersihkan wajah, jerawat bisa hilang?

Terlalu sering membersihkan wajah bukan berarti kita bisa bebas jerawat, lho. Memang kita harus membersihkan wajah secara rutin, tetapi jangan terlalu sering, ya. Terlalu sering mencuci muka justru akan menyebabkan iritasi pada kulit kita. Selain itu, saat mencuci wajah, gunakanlah air hangat dan sabun pencuci wajah yang komposisinya ringan dan cocok untuk jenis kulit kita.

 

Memencet jerawat

Seringkali, kita tergoda untuk memencet jerawat dengan harapan jerawat bisa cepat hilang. Padahal cara itu salah, lho girls... Dengan memencet jerawat hanya akan menyebabkan iritasi, dan malah sebaliknya, jerawat kita bukannya sembuh melainkan tambah membengkak.

 

Kacang bikin jerawatan

Mitos ini enggak benar adanya. Justru beberapa kacang seperti kacang almond dan kacang mete yang mengandung asam oksalat baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat. Kacang kedelai juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kecantikan kulit. Omega 3 dari kacang kedelai telah terbukti dapat melawan inflamasi di tubuh dan mencegah kulit kering serta menjadikan kulit tampak muda. Terbuktikan kalau kacang tidak menyebabkan jerawat.

 

Jerawat menular

Mitos ini banyak berkembang. Kabarnya jerawat akan menular pada kita jika secara enggak sengaja kita tersentuh dengan area berjerawat orang lain. Mitos ini sama sekali enggak benar, gals. Penyebab jerawat adalah kelenjar minyak yang berlebih di wajah dan adanya kuman. Kuman yang ada di jerawat itu bukan yang ada di permukaan kulit, tapi di dalam kulit. Jadi, kita enggak akan bisa tertular sekalipun kita mencolek jerawat orang lain.

 

(anggun, foto: bombshellcreative.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN