Beauty

5 Rutinitas Perawatan Kulit Yang Bikin Jerawat Makin Susah Hilang

Published by : Natasha Erika Posted on : Senin, 28 September 2015

5 Rutinitas Perawatan Kulit Yang Bikin Jerawat Makin Susah Hilang

Setelah beberapa kali mencoba produk perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat, kita merasa enggak ada perubahan. Bahkan, jerawat malah jadi tambah banyak. Hmm... Kira-kira kenapa enggak berhasil, ya? Mungkin tanpa kita sadari ada 5 rutinitas perawatan kulit yang bikin jerawat makin susah hilang. Apa saja itu?

 

Baca juga: 4 Kesalahan Dalam Mengobati Jerawat Yang Sering Cewek

 

1. Terlalu sering mencuci muka

Niat awal kita ingin selalu bikin kulit wajah terhindar dari kotoran. Makanya, kita terkadang jadi cuci muka lebih dari 2 kali dalam sehari. Tapi, tahukah kamu kalau terlalu sering mencuci muka dalam sehari bakal bikin kulit wajah lebih jerawatan? Ketika kita terlalu sering mencuci muka, kulit kita jadi kering, Dan, ketika kulit kering, di situlah produksi minyak justru semakin banyak dan menimbulkan lebih banyak jerawat.

 

2. Terlalu banyak menggunakan produk

Kita merasa sudah mengobati jerawat dengan berbagai produk, tapi jerawat enggak kunjung hilang. Cobalah untuk enggak menggunakan lebih dari 2 produk anti-jerawat. Kebanyakan produk perawatan mengandung bahan-bahan yang berdampak mengeringkan kulit wajah kita. Nah, ketika terlalu banyak memakai produk dengan bahan yang sejenis, maka efeknya justru bakal memperbanyak jerawat atau membuat kulit bermasalah.

 

3. Berhenti memakai produk yang baru dicoba

Banyak di antara kita yang sangat menanti keajaiban dari sebuah produk perawatan kulit yang baru saja kita aplikasikan di wajah. Mungkin bisa jadi setiap saat kita bercermin mengharapkan ada perubahan di wajah. Tapi, pada kenyataannya, enggak ada yang berubah. Nah, terkadang karena merasa enggak berhasil, padahal baru dipakai beberapa hari, kita langsung berhenti memakai produk tersebut. Coba beri waktu seenggaknya selama 2 minggu agar produk perawatan mulai terbiasa dengan kondisi kulit kita.

 

Baca juga: 8 Mitos Tentang Jerawat Yang Harus Kita Lupakan!

 

4. Pelembab itu penting!

Enggak peduli seberapa berminyak kulit wajah kita, jangan pernah melewatkan pemakaian pelembab atau moisturizer. Perawatan kulit wajah untuk mengobati jerawat biasanya akan membuat kulit kita kering. Makanya, penting banget menjaga kelembabannya dengan moisturizer, girls!

 

5. Menggunakan produk yang salah

Perlu kita ingat kalau enggak semua perawatan kulit wajah untuk mengobati jerawat berhasil untuk semua orang. Kondisi kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih cocok menggunakan bahan tertentu atau ada juga yang enggak cocok dengan bahan tersebut. Maka dari itu, enggak ada salahnya untuk mencoba (trial and error) produk lain atau kita bisa menanyakan kepada dokter untuk rekomendasi produk yang paling cocok dengan kondisi kulit kita.

 

Baca juga: Jerawat Gara-gara Jatuh Cinta?

 

(sumber: bustle.com, foto: beautisushi.blogspot.com, bustle.com, buzzfeed.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN