Beauty

5 Kesalahan dalam Perawatan Rambut Sehari-hari

Published by : Marti Posted on : Senin, 28 Oktober 2013

5 Kesalahan dalam Perawatan Rambut Sehari-hari

Rambut kita adalah mahkota kita, jadi penting banget buat merawat mahkota supaya tetap terlihat sehat dan berkilau. Tapi tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan justru merusak rambut kita lho, girls. Jadi sebelum rambut kita semakin rusak, kita cek yuk kebiasaan apa saja yang bisa merusak mahkota kita ini.

 

Menggosok dengan handuk

Sehabis keramas kita pasti mengeringkan rambut dengan handuk terlebih dulu. Saking semangatnya, terkadang kita menggosok rambut terlalu kencang. Ternyata kebiasaan ini bisa berakibat buruk untuk rambut kita, girls. Gesekan antara rambut dan handuk yang kasar bisa merusak kutikula rambut, karena rambut yang masih basah memiliki tektur kutikula yang rentan banget. Jadi, daripada menggosok rambut dengan handuk kencang-kencang, lebih baik kita mengeringkan dengan menekan-nekan rambut dengan lembut dan membungkusnya dengan handuk. Cara tersebut akan tetap melindungi kutikula rambut kita.

 

Mengeringkan tanpa perlindungan

Ayo ngaku siapa yang suka mengeringkan rambut dengan hair dryer atau alat catok? Ternyata kebiasaan selalu mengeringkan rambut dengan alat-alat ini bisa membuat rambut kita mudah rusak dan terbakar. Tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan produk heat protectant sebelum mengeringkan rambut. Produk ini bisa berupa spray atau gel yang berguna untuk melindungi kutikula rambut dari dehidrasi sehingga rambut kita tetap dalam keadaan yang sehat. Salah satu tips lagi untuk mengurangi kerusakan rambut kita adalah jangan pasang dryer kita di suhu panas yang paling tinggi ya, girls.

 

Mengeringkan dalam keadaan basah

Kadang saking enggak sabarnya, kita suka mengeringkan rambut dengan hair dryer atau catokan ketika rambut kita masih basah banget. Sebenarnya hal ini malah bisa bikin rambut kita semakin rusak dan kering, lho! Menurut sebuat penelitian di Amrik, kita harus menunggu rambut kita kering hingga kira-kira 70% terlebih dahulu, baru kita keringkan dengan alat-alat tersebut. Dengan begitu, rambut kita enggak akan 'terpanggang' dan rusak, deh.

 

Menyisir dari atas ke bawah

Kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah menyisir dari akar rambut sampai bawah. Kadang kita lupa kalau bagian bawah rambut kita itu masih kusut. Jadi kalau kita menyisir dari atas tapi bawah rambut kita masih kusut, otomatis akar rambut akan tertarik oleh sisir kita dan rontok. Lebih baik sisir terlebih dulu rambut bagian bawah kita hingga enggak kusut lagi, baru setelah itu disisir dari atas, deh.


Mengikat rambut terlalu kencang

Percaya atau enggak, mengikat rambut terlalu kencang bisa bikin rambut kita rusak. Selai rambut jadi gampang rontong dan semakin tipis, hal ini bisa menyebabkan kebotakan yang permanen, girls. Aduh, seram banget ya. Begitu juga kalau kita suka mengepang rambut dengan kencang dan sering. Maka itu disarankan untuk enggak mengikat atau mengepang rambut sering-sering dan kencang. Tapi kalau kita memang suka dengan gaya rambut ponytail atau kepang, lebih baik kita mengganti posisi ikatan rambut setiap hari.

 

(audrey, foto: escovaprogress.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN