Beauty

5 Bahan Berbahaya di Dalam Shampo yang Perlu Kita Tahu

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 5 November 2014

5 Bahan Berbahaya di Dalam Shampo yang Perlu Kita Tahu

Shampo adalah salah satu bahan kosmetik yang hampir dipakai oleh semua orang. Enggak cuma cewek, cowok pun pasti pakai shampo untuk membersihkan rambut mereka. Dalam pembuatannya shampo memakai banyak bahan-bahan kimia, either it is good or bad for our healty. Tapi ada beberapa bahan yang bener-bener bahaya jika kita pakai terus menerus dalam waktu lama. Coba cek lagi apakah shampo kita mengandung 5 bahan berbahaya ini, kalau iya sebaiknya ganti shampo kita dengan yang tidak mengandung 5 bahan ini dan juga cari shampo yang lebih banyak mengandung bahan alami.

 

(Baca juga : 98 Produk Sampo dan Sabun Mengandung Kimia Berbahaya yang Bisa Bikin Kanker)

 

Sulfat

Sulfat adalah musuh besar rambut kita. Baik yang berbentuk sodium lauryl sulfate atau Sodium Laureth Sulfate, keduanya dapat merampas kelembaban alami rambut kita. Makanya bahan ini bisa bikin rambut kita kering.

 

sampo 1

 

Alkohol

Enggak jauh berbeda sama sulfat, alkohol bisa bikin rambut kita kering. Tapi sepertinya hampir semua shampo mengandung alkohol, untuk mengatasinya kita bisa cari shampo yang kandungan alkoholnya paling sedikit.

 

(Baca juga : No More Bad Hair Day)

 

Formalin

Beberapa shampo masih mengandung bahan berbahaya seperti formalin. Bahan ini buruk banget buat kesehatan rambut kita, apa lagi kita menggunakannya berulang-ulang dalam waktu yang lama.

 

sampo 2

 

PEGS

PEGS adalah Polyethelyne atau juga dikenal dengan Polyoxyethelyne adalah bahan didalam shampo yang berguna untuk menebalkan dan memberi volume pada rambut. Tapi pada akhirnya bahan ini bisa mengurangi kelembaban dan mencuri nutrisi di rambut kita.

 

shampo 3

 

Keratin Hewan

Keratin memang penting banget buat rambut kita. Tapi ada beberapa produk shampo yang mengganti kandungan keratin dengan keratin hewani. Bahan ini efeknya buruk banget buat kesehatan rambut kita.

 

(Baca juga : DIY Dry Shampoo)

 

(razan, foto : oprah.com, giphy.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN