Beauty

4 Kandungan Kimia Berbahaya Dalam Kosmetik Yang Perlu Kita Hindari

Published by : Marti Posted on : Selasa, 17 Juni 2014

4 Kandungan Kimia Berbahaya Dalam Kosmetik Yang Perlu Kita Hindari

Ada 4 kandungan kimia berbahaya dalam kosmetik yang perlu kita hindari. Dalam berbagai cara, perusahaan kosmetik raksasa terkadang menciptakan produk kecantikan yang belum tentu aman bagi kulit. Produk ini menggunakan 4 kandungan kimia berbahaya dalam kosmetik yang perlu kita hindari. Apa saja ya?

 

Paraben

Paraben merupakan salah satu bahan kimia yang bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit. Akan tetapi kandungan ini menjadi kontroversi setelah penelitian menemukan paraben pada tumor kanker payudara. Paraben juga mempengaruhi hormon estrogem yang menjadi faktor utama berkembangnya sel kanker. Paraben juga bisa merusak DNA serta memicu penuaan dini pada kulit.

 

Phthalates

Kandungan ini dibutuhkan agar kimia lain pada kosmetik bisa bekerja secara sempurna. Akan tetapi, Phthalates bisa mengganggu reproduksi manusia dan bisa menjadi racun berbahaya pada tubuh. Penelitian membuktikan penggunaan rutin bahan kimia ini bisa memicu penyakit berbahaya seperti kanker.


Triclosan

Triclosan adalah salah satu bahan kimia yang berfungsi sebagai anti bakteri. Meski sangat baik dalam menghilangkan bakteri jahat, triclosan bisa merusak fungsi hormon dan memicu alergi atau iritasi pada kulit. Triclosan juga sangat jahat untuk lingkungan sekitar, saat kita mandi menggunakan bahan kimia ini air yang mengalir bisa mencemari lingkungan dan berbahaya bagi ekosistem air.


Propylene Glycol

Bahan kimia propylene gylocol biasanya ditemui pada produk foam. Produk ini sangat berbahaya karena memicu iritasi kulit, mual, sakit kepala dan lainnya.

 

 

(stefanie, foto: davidsuzuki.org)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN