Beauty

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 9 November 2014

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Makanan-makanan yang kita konsumsi bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di muka kita lho.. ya wajar saja karena kandungan makanan juga dapat mempengaruhi stamina dan pertumbuhan dalam tubuh kita. Menurut Food and Drug Administration di Amerika Serikat seperti dikutip LiveStrong, tak ada bukti ilmiah yang mendukung pendapat bahwa jerawat disebabkan karena makanan. Jerawat timbul karena kelebihan minyak yang diproduksi kelenjar kulit, sel kulit mati, dan bakteri yang menumpuk di pori-pori, sehingga mengakibatkan kulit di sekitar pori-pori meradang.

 

(Baca juga : 6 Mitos Penyebab Jerawat)


Roti dan Nasi

Glukosa dalam karbohidrat sederhana seperti roti dan nasi cepat diurai menjadi gula, sehingga meningkatkan level insulin. Tingginya tingkat insulin memicu produksi sebum di permukaan kulit. Sebum inilah yang kemudian menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

 

Fast Food

Memang tak salah kalau makanan cepat saji atau fast food disebut junk food (makanan sampah). Makanan ini memang enggak mengandung nilai gizi. Selain itu karbohidrat yang mengalami proses pengolahan berkali-kali dalam fast food juga bisa membuat jerawat Anda semakin parah.

 

(Baca juga : Penyebab Jerawat di Punggung)

 

Susu

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology pada tahun 2005 menemukan bukti keterkaitan antara konsumsi susu dan produk-produk olahan susu dengan jerawat. Susu yang dikonsumsi masyarakat diproduksi dari sapi perah yang sedang hamil. Karena itu kandungan hormonnya tinggi. Hormon ini memicu naiknya produksi minyak di kelenjar kulit sehingga menimbulkan jerawat.


Cokelat

Selama ini cokelat dicurigai dapat menimbulkan jerawat karena kandungan susu dan gula yang tinggi dalam produk olahannya. Tetapi sebuah studi menemukan bukti kalau cokelat hitam dengan kandungan kakao 100 persen pun dapat memperburuk peradangan jerawat. Tetapi berbeda dengan karbohidrat dan susu, cokelat ternyata enggak bisa memicu timbulnya jerawat. Hanya bisa memperparah jerawat.

 

(Baca juga : 4 Cara Kurangi Jerawat di Dahi)

 

(razan, foto : weheartit.com)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN