Beauty

3 Cara Mudah Jaga Kesehatan Kuku

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 14 Juli 2014

3 Cara Mudah Jaga Kesehatan Kuku

Untuk merawat kuku agar senantiasa kuat dan indah, enggak melulu harus di salon dengan biaya mahal. Asalkan kita rajin dan teliti, perawatan kuku bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut 3 cara mudah jaga kesehatan kuku.

 

(Baca juga: Rahasia si Kuku Cantik)

Olahraga
Ternyata olahraga enggak hanya menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bisa membuat kuku lebih kuat dan sehat. "Sekitar 20-30 menit latihan kardio tiga kali seminggu akan meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki," kata Glenn Kolansky, MD, Dermatologis dari New Jersey.


Jika kuku tangan dan kaki kita mengalami kondisi rapuh, rajinlah mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Selain itu, kurangi penggunaan sepatu yang terlalu sempit dan bertumit tinggi. Sebab, sepatu yang demikian membuat kulit di sekitar kaki kita sulit bernapas. 

 

(Baca juga: Manfaat Cuka Apel Buat Kuku)

Kikir kuku
Untuk menjaga kuku tetap indah dan sehat, Amber Edwards, Nail Director di Mario Tricoci Salon dan Spa, menyarankan unt;uk melakukan buffing (mengikir kuku dengan alat kikir kecil).

 

Cara ini akan mencegah kuku jadi menguning dan kutikula menebal. Namun, ketika mengikir, pastikan gerakannya ke atas dan ke bawah, bukan ke samping (dari kiki ke kanan kuku).


Selain itu, buat kita yang suka menggunakan cat kuku, biasakanlah untuk mengawalinya dengan warna nude, bening, atau base coat sebelum menggunakan warna lainnya yang lebih pekat, seperti merah atau ungu. Sebab, kedua warna ini akan meninggalkan bekas di kuku yang berpotensi membuatnya tampak lebih kusam.

 

(Baca juga: Tips Biar Kuku Sehat dan Enggak Gampang Patah)

 

Formula alamiah
Campur 1 sdt gula pasir, 1 sdt minyak zaitun, dan 1 sdt jus lemon, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oles pada kuku dan kutikula, sembari dipijat dengan gerakan memutar selama 5-10 menit.

 

"Kegiatan sederhana ini akan meningkatkan sirkulasi dan memperlancarnya jadi kuku akan jadi lebih kuat," kata Bela Pandit, Ahli Penyakit Kaki. 

 

(Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Kuku Kaki)

 

(christina/kompas.com, foto: foxandjanesalon.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN